Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Kepercayaan Diri pada Atlet Pelajar
The Relationship between Emotion Regulation and Self-Confidence in Student-Athletes
Penelitian ini”bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan kepercayaan diri pada atlet pelajar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif.”Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh”dengan 24 sampel. Karakteristik subjek berusia 12-15 tahun, atlet pelajar yang tergabung dalam program DBON Universitas Negeri Surabaya. Tekniknpengumpulan data yang digunakannadalah kuisioner berupa skala IERQ4S untuk regulasi emosi dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data ini menggunakan uji korelasi product moment pearson, analisis menunjukkan nilai r= 0.471 dan nilai signifikansi p=0.020 (p<0.05), dimana kedua variabel berkorelasi dan memiliki hubungan positif yang artinya hipotesis diterima.”Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara regulasi emosi dengan kepercayaan diri pada atlet pelajar dimana semakin tinggi regulasi emosinya maka akan semakin tinggi kepercayaan dirinya begitu pula sebaliknya,”apabila regulasi emosinya rendah maka kepercayaan dirinya juga akan rendah.
This study aimed to determine the relationship between emotional regulation and self-confidence in student athletes. The method used is a quantitative method. Sampling in this study used a saturated sample technique with 24 samples. Characteristics of subjects aged 12-15 years, student athletes who are members of the DBON program of Surabaya State University. The data collection technique used was a questionnaire in the form of the IERQ4S scale for emotion regulation and self-confidence scales. The data analysis technique uses the Pearson product moment correlation test, the analysis shows a value of r = 0.471 and a value of significance p = 0.020 (p < 0.05), where both variables are correlated and have a positive relationship which means the hypothesis is accepted. The results of this study show that there is a relationship between emotional regulation and self-confidence in student athletes where the higher the emotional regulation, the more confidence they will have and if the emotional regulation is low, the confidence will also be low.