DEVELOPMENT OF YOUTUBE LEARNING VIDEOS TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF TPM CLASS XI STUDENTS AT SMKN 1 SIDOARJO
Elemen Teknik Pemesinan Nonkonvensional/CNC “Computer Numerically Controlled” adalah mata pelajaran tentang proses mesin perkakas yang dikendalikan menggunakan komputer yang memerlukan pemahaman penuh. Kenyataan untuk waktu pembelajaran di kelas XI TPM SMKN 1 Sidoarjo sangat terbatas. Selain itu, respon peserta didik saat pembelajaran masih sangat rendah karena tidak ada media pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran berbasis video pembelajaran youtube sehingga dapat memudahkan siswa memahami materi secara mandiri dan meningkatkan respon dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Peter Fenrich yang terdiri dari tahap analisis, tahap perencanaan, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, tahap evaluasi dan revisi. Peningkatan hasil belajar siswa akan diketahui dengan menggunakan metode one group pre-test post-test design dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar pretest posttest, dan lembar respon siswa.
Hasil dari uji kelayakan media pembelajaran diperoleh nilai kelayakan sebesar 3,54 dengan presentase 88,5% masuk kategori sangat layak. Kefektifan dari media pembelajaran dihitung menggunakan uji N-Gain memperoleh nilai 0,67 masuk kategir sedang. Hasil dari respon siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,73 termasuk kategori sangat baik.
Elements of Unconventional Machining Engineering/CNC "Computer Numerically Controlled" is a subject about computer-controlled machine tool processes that requires a full understanding. The reality for learning time in class XI TPM SMKN 1 Sidoarjo is very limited. In addition, the response of students during learning is still very low because there is no learning media. From these problems, this study aims to develop learning media based on YouTube learning videos so that it can make it easier for students to understand the material independently and improve student responses and learning outcomes.
The type of research used in this research is research and development or Research and Development (R&D) with the Peter Fenrich development model which consists of the analysis stage, planning stage, design stage, development stage, implementation stage, evaluation and revision stage. Improved student learning outcomes will be known using the one group pre-test post-test design method using instruments in the form of validation sheets, pretest posttest sheets, and student response sheets.
The results of the learning media feasibility test obtained a feasibility value of 3.54 with a percentage of 88.5% in the very feasible category. The effectiveness of learning media is calculated using the N-Gain test to obtain a value of 0.67 in the medium category. The results of student responses obtained an average value of 3.73 including the best category.