FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA RIAS PENGANTIN DI KABUPATEN KARO
FACTORS THAT INFLUENCE CONSUMER INTEREST IN BRIDAL MAKEUP SERVICES IN KARO DISTRICT
Banyaknya jasa rias pengantin yang berada di Kabupaten Karo dengan ciri khas dan kelebihan yang ada membuat seorang konsumen harus memilih jasa rias pengantin yang sesuai dengan keinginanya. Faktor yang mempengaruhi minat bagi seorang konsumen yaitu faktor budaya, faktor pribadi, faktor psikologis dan juga faktor sosial. Hal tersebut merupakan proses awal menegnai rangsangan atau stimulus dari jasa atau produk yang dilihatnya sehingga tertarik untuk membeli produk atau jasa yang di tawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor budaya, faktor pribadi, faktor psikologi dan faktor sosial yang mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin di Kabupaten Karo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Instrument penelitian berupa kuisioner yang disebarkan melalui google form yang ditunjukkan kepada 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif presentase.
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa faktor budaya berpengaruh terhadap minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 87,5% pada sub variabel sub budaya. Faktor pribadi dengan jawaban setuju sebesar 67,5% pada sub variabel gaya hidup. Faktor psikologis mempengaruhi minat konsumen terhadap jasa rias pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 67,5% pada sub variabel integritas, dan faktor sosial berpengaruh terhadap minat konsumen dengan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 72,5% pada sub variabel pengaruh lingkungan. Dilihat dari hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa semua faktor tersebut mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin di Kabupaten Karo.
he large number of bridal makeup services in Karo Regency with their characteristics and advantages make a consumer have to choose a bridal makeup service that suits their wishes. Factors that affect interest for a consumer are cultural factors, personal factors, psychological factors and also social factors. This is the initial process of being stimulated or stimulated by the services or products he sees so that he is interested in buying the products or services offered. This study aims to determine whether cultural factors, personal factors, psychological factors and social factors influence consumer interest in choosing bridal makeup services in Karo Regency.
The method used in this research is descriptive quantitative. The research instrument is a questionnaire distributed via google form which is shown to 40 respondents. The data analysis technique used is descriptive percentage.
Based on the results of data processing, it can be concluded that cultural factors affect consumer interest in choosing bridal makeup services with a strongly agreed answer of 87.5% on the sub-culture sub variable. Personal factors with answers agree by 67.5% on the lifestyle sub variable. Psychological factors affect consumer interest in bridal makeup services with answers strongly agreeing by 67.5% on the integrity sub variable, and social factors affect consumer interest with answers strongly agreeing and agreeing by 72.5% on the environmental influence sub variable. Judging from the results and discussion, it is concluded that all these factors affect consumer interest in choosing bridal makeup services in Karo district.