Upaya Untuk Mengembangkan Kawasan Gisik Cemandi Kecamatan Sedati Menjadi Desa Wisata
Efforts To Develop The Gisik Cemandi Area In Sedati District To Become a Tourism Village
Kawasan Gisik Cemandi adalah kawasan yang letaknya di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Desa Gisik Cemandi berbatasan langsung dengan air laut dan tambak. Desa Gisik Cemandi memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata. Potensi wisata tersebut yakni wisata kolam pancing, wisata susur sungai, wisata religi makam “Dimas Ajeng Dewi Reni Sekardadu”. Namun, dalam proses mengembangkan desa wisata ini masih terdapat permasalahan, yakni jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Gisik Cemandi masih tergolong sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata di Kawasan Gisik Cemandi Kecamatan Sedati, dan untuk mengetahui strategi yang tepat untuk mengembangkan Kawasan Gisik Cemandi Kecamatan Sedati menjadi desa wisata.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung desa wisata Gisik Cemandi dan Kepala Desa Gisik Cemandi selaku pengelola dan pelaksana program desa wisata. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring dengan skala likert, dan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata yang dimiliki Desa Gisik Cemandi tergolong ke dalam klasifikasi tinggi. Sehingga, strategi yang diterapkan guna melakukan upaya untuk mengembangkan desa wisata ini adalah pertumbuhan agresif (growth oriented strategy), dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki. Adapun strategi prioritas pengembangan yang diterapkan di Desa Wisata Gisik Cemandi ialah melakukan promosi lebih giat lagi melalui berbagai media sosial agar desa wisata Gisik Cemandi dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat terutama yang berada di luar wilayah Kecamatan Sedati. Karena dengan promosi, dapat menarik lebih banyak jumlah wisatawan.
Kata Kunci: Upaya Pengembangan, Potensi Wisata Desa, Desa Wisata
The Gisik Cemandi area is an area located in the Sedati Sub-District, Sidoarjo District. Gisik Cemandi Village is directly adjacent to sea water and ponds. Gisik Cemandi village has a tourism potential that can be developed into tourist village. The tourism potential is fishing pond tourism, riverside tourism, religious tourism to the grave of “Dimas Ajeng Dewi Reni Sekardadu”. However, in the process of developing this tourist village there are still problems, namely that the number of tourists visiting Gisik Cemandi Village is still relatively small. The purpose of this study was to determine the tourism potential in the Gisik Cemandi Area, Sedati Sub-District, and to find out the right strategy to develop the Gisik Cemandi Area, Sedati Sub-District, into a tourist village.
This type of research was a survey research with a quantitative approach. The location of the research was in Gisik Cemandi Village, Sedati Sub-District, Sidoarjo District. The population in this research were visitors to the Gisik Cemandi tourism village and Head of Gisik Cemandi Village as the manager and implementer of the tourism village. The sample in this study was 50 people. The sampling technique used was accidental sampling. Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires. Data analysis technique use a scoring technique with a likert scale, SWOT analysis.
The result showed that the tourism potential of Gisik Cemandi Village belongs to the high classification. So, the strategy that can be applied to make efforts to develop this tourist village is aggressive (growth oriented strategy), by taking advantage of the strengths and opportunities it has. The development priority strategy to be implemented in the Gisik Cemandi Tourism Village is to promote more actively through various social media so that the Gisik Cemandi Tourism Village can be better known by the community especially those outside the Sedati Sub-District area. Because with the promotion, it can attract more tourists.
Keywords: Development Effort, Village Tourism Potential, Tourism Village