PENERAPAN PERMAINAN KECIL DALAM PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA
APPLICATION OF SMALL GAMES IN CHANGE LEARNING TO IMPROVE STUDENTS' PHYSICAL FITNESS
Pendidikan merupakan sumber belajar ilmu pengetahuan yang didapat oleh setiap individu yang diperoleh sepanjang hayat dalam sebuah tempat dan situasi yang memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan indvidu tersebut. Dalam pembelajaran atau proses belajar terdapat tiga domain penting, yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Salah satu pembelajaran yang mengembangkan keterampilan psikomotor ialah pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Labschool Unesa 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, yaitu eksperimen semu desain One Grup Pretest-Posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Labschool Unesa 1 Surabaya.
Hasil dari pengambilan data, data dari penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK. Hasil anasilis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan instrument PACER test didapatkan hasil nilai pre-test sebesar 26,08 sedangkan nilai post-test 27,48. Sesuai dengan hasil uji t (paired samples t-test) antara hasil skor PACER Test pre-test dan post-test hasilnya P-Value sebesar 0,048 dengan kesimpulan nilai a<(0,05). Dengan demikian dari hasil uji t diatas Ha diterima, sehingga ada pengaruh penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Labschool Unesa 1 Surabaya, dengan peningkatan sebesar 0,08%.
Kata kunci: Kebugaran Jasmani, Permainan Kecil.
Education is a source of scientific learning obtained by each individual throughout life in a place and situation that has a positive influence on the individual's growth. In learning or the learning process there are three important domains, namely cognitive, affective and psychomotor. One lesson that develops psychomotor skills is Physical Education, Sports and Health. The aim of this research is to determine the influence and magnitude of the influence of implementing small games in PJOK learning to improve the physical fitness of class VIII students at SMP Labschool Unesa 1 Surabaya. This research uses a quantitative approach with a type of experimental research, namely quasi-experimental design One Grup Pretest-Posttest. The research used a sample of class VIII B students at SMP Labschool Unesa 1 Surabaya.
As a result of data collection, data from this research can be seen that there is an influence of implementing small games in PJOK learning. Results of data analysis carried out by researchers with instrument PACER test value results are obtainedpre-test amounted to 26.08 while the value post-test 27.48. In accordance with the t test results (paired samples t-test) between PACER score resultsTest pre-test andpost-test the result P-Value amounting to 0.048 with the conclusion value a<(0.05). Thus, the results of the t test above Ha are accepted, so there is an influence of implementing small games in PJOK learning to improve the physical fitness of class VIII students at SMP Labschool Unesa 1 Surabaya, with an increase of 0.08%.
Keywords: Physical Fitness, Small Games.