ABSTRAK
Enik Kurniawati, 2019. Pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada
Pembelajaran IPA Berbasis Pembelajaran
Group Investigation Untuk Melatih
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan
Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Prof
.Dr. dr. Tjandrakirana, M.S., Sp. And. dan (II) Dr. Sifak Indana, M.Pd.
Kata kunci: LKPD, Group Investigation , keterampilan
berpikir kritis
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis pembelajaran Group Investigation untuk
melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang layak berdasarkan
validitas, kepraktisan, dan keefektifan. LKPD dikembangkan dengan disain
penelitian 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji coba terbatas dilakukan pada 30 peserta
didik. Validitas ditinjau dari hasil validasi RPP dan LKPD . Kepraktisan
ditinjau dari keterlaksanaan RPP dan kendala-kendala serta aktivitas peserta didik dalam
pembelajaran, keefektifan ditinjau dari hasil pretest dan posttest
keterampilan berpikir kritis dan angket respon peserta didik . Hasil validitas
RPP kategori sangat valid dan reliabilitas sebesar 93 % , sedangkan validitas
LKPD kategori sangat valid dan reliabilitas 93 %. Kepraktisan ditinjau dari
keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran kategori sangat baik dan reliabilitas
sebesar 98,88%, aktivitas siswa sangat antusias teramati saat proses
pembelajaran berlangsung. Keefektifan ditinjau dari hasil pretest dan posttest
bahwa sebelum dilakukan
pembelajaran tidak satupun peserta didik yang mencapai ketuntasan, sedangkan
setelah dilakukan uji coba sebanyak 3 kelas yaitu kelas IX A, IX C dan IX D,
masing-masing kelas sebanyak 30 peserta didik. Pada kelas A dinyatakan 28
tuntas dan 2 tidak tuntas, kelas IX C
dinyatakan 27 tuntas dan 3 tidak
tuntas dan kelas IX D 22 tuntas dan 8
tidak tuntas Berdasarkan
perhitungan N-Gain kelas IX A rata-rata 0,66, kelas IX C
rata-rata 0,55 dan kelas IX D hasil
rata-rata 0,66 dengan kriteria sedang.
Respon peserta didik kelas IX A, IX C
dan IX D menunjukkan ketertarikan terhadap LKPD sebesar 91,69 %, 93,35 % dan
92,68 % kategori sangat efektif. LKPD yang telah dikembangkan valid,
praktis, dan efektif sehingga layak untuk melatihkan keterampilan berpikir
kritis siswa SMP.