Penggunaan Media Elektronik dalam Pembelajaran Daring IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
The Use Of Electronic Media In Science Online Learning To Increase Student Learning Outcomes
Masa pandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran dari tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran secara daring (distance learning) sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Pembelajaran daring dapat berjalan secara baik dengan memanfaatkan suatu teknologi yang tersimpan di dalam gawai (gadget). Gadget memiliki beragam aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar secara daring selama pandemi Covid-19. Salah satunya ialah aplikasi E-PIPA yang memiliki struktur yang sistematis, fiture design yang disesuaikan kebutuhan pebelajar dan ketersediaan materi yang diberikan disesuaikan oleh silabus dan RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran daring pada materi pengukuran dengan menggunakan Media Elektronik Pembelajaran IPA (E-PIPA). Dengan menggunakan pre-experiment sebanyak 33 siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Cerme yang terlibat sebagai sampel dalam studi ini. Data yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan, effect size Cohen’s d dan N-gain. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan (sig.T) α (0,05) dengan effect size, d = 4,1 (kategori sangat besar), N-gain = 0,7 (kategori tinggi) dan menggunakan media pembelajaran memperoleh respon positif siswa dengan hasil angket sebesar 95% hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media E-PIPA pada pembelajaran daring dapat meningkatakan hasil belajar pada materi pengukuran. Implikasi penelitian ini yaitu media E-PIPA dapat membantu siswa belajar materi IPA pengukuran.
Kata Kunci: Media E-PIPA, Pembelajaran daring, Hasil belajar.
During the Covid-19 outbreak, the learning process has abruptly changed from face-to-face meeting at school to online learning (distance learning), carrying out to break the chain of the coronavirus transmission. Online learning can be conducted effectively through the support of an advanced technology on the smartphone. This gadget can run various learning applications for online learning. One of which is E-PIPA application which has features a systematic arrangement, a design tailored to the needs of students and materials adjusted to the syllabus and lesson plans. This study aims to describe the increase in student learning outcomes after participating in online learning on measurement materials using Electronic media (E-PIPA). By using a pre-experiment, 33 students of class VII B SMP Muhammadiyah 7 Cerme were involved as samples in this study. Data collected through pretest and posttest were analyzed using t-test, Cohen's d effect size, and N-gain. The results showed that there was a significant increase in student learning outcomes (sig.T) (0.05) with effect size, d = 4.1 (very large category), N-gain = 0.7 (high category), and using learning media obtained a positive response for students with a questionnaire result of 95%. These results indicate that the use of E-PIPA media in online learning can improve learning outcomes in the measurement material. This research implies that the E-PIPA media can help students learn science measurement material.
Keywords: Media E-PIPA, Online Learning, Learning Outcomes.