Hubungan antara Komitmen Organisasi dengan Perilaku Inovatif pada Guru di Lembaga Pendidikan
The Relationship between Organizational Commitment and Innovative Behavior in Educational Institutions Teachers
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada guru di institusi pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria merupakan tenaga didik, guru tetap yayasan dan minimal masa kerja 2 tahun. Subjek dalam penelitian sebanyak 51 guru. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala psikologis komitmen organisasi dan perilaku inovatif yang merupakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel dan dilakukan dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada guru di lembaga pendidikan. Nilai signifikansi yang dihasilkan yaitu 0,000 (p<0,05) dan nilai korelasi pearson yaitu 0,611 yang menunjukkan bahwa hubungan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada guru termasuk dalam kategori kuat dan positif. Semakin tinggi komitmen organisasi maka akan semakin tinggi perilaku inovatif yang dihasilkan.
This study aims to determine the relationship between organizational commitment and innovative behavior in education institutions teachers. The method used in this research is quantitative research. The sampling method used is purposive sampling technique with the criteria of educator, permanent teachers and a minimum of 2 years of working. The subjects in the study were 51 teachers. Research data was collected using a psychological scale of organizational commitment and innovative behavior which is a Likert scale. The data analysis technique used pearson product moment correlation analysis to determine the relationship between variables and was carried out with the help of SPSS 25.0 for windows. The results of the analysis show that there was a significant relationship between organizational commitment and innovative behavior of teachers in educational institutions. The resulting significance value of 0.000 (p <0.05) and the Pearson correlation value is 0.611 which indicates that the relationship between organizational commitment and innovative behavior in teachers is included in the strong and positive category. The higher the organizational commitment, the higher the resulting innovative behavior.