PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MISKONSEPSI MENGGUNAKAN FOUR-TIER TEST PADA MATERI TRANSPOR MEMBRAN
DEVELOPMENT OF MISCONCEPTION TEST INSTRUMENT USING FOUR-TIER TEST ON MEMBRANE TRANSPORT
Miskonsepsi merupakan seperangkat informasi yang tidak sesuai dengan fakta ilmiah yang harus diperbaiki agar konsep yang salah tidak berulang dan berlanjut pada materi berikutnya. Proses identifikasi miskonsepsi dilakukan menggunakan instrumen tes diagnostik, salah satunya menggunakan Four-Tier Test. Instrumen Four-Tier Test mampu mendeteksi adanya miskonsepsi pada peserta didik karena dapat membedakan antara miskonsepsi, paham konsep dan kurang paham konsep berdasar jawaban dan keyakinan peserta didik dalam menjawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes miskonsepsi pada materi Transpor Membran, serta menemukan adanya miskonsepsi yang dialami peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen tes yang mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan instrumen menurut Treagust. Uji coba tes dilakukan pada 31 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Gedangan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas dan koefisien reliabilitas instrumen tes sebesar 96% dan 0,63 sehingga dinyatakan sangat valid dan reliabel. Rata-rata persentase miskonsepsi peserta didik pada materi Transpor Membran sebesar 31%. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep perbedaan difusi dan osmosis sebesar 54%.
Kata kunci : Miskonsepsi, Four-Tier Test, Transpor Membran.
Misconception is a set of information that is not under scientific facts that must be corrected so the wrong concept does not repeat and continue on the next material. The process of identifying misconceptions can be done using diagnostic test instruments, such as Four-Tier Test. Four-Tier Test instrument can detect the existence of misconceptions in students because it can distinguish between misconceptions, understand concepts, and lack understanding of concepts based on their answers and confidence in answering. This research aimed to describe the validity and reliability of the misconception test instrument on the Membrane Transport material and to discover the misconceptions experienced by students. This research was development research of test instruments that adapt and modify the instrument development model according to Treagust. Trial tests were conducted on 31 students of Class XI MIPA 2 SMAN 1 Gedangan. Data were analyzed using descriptive analysis techniques. The results showed that the validity and reliability coefficient of the test instruments was 96% and 0.63 so they were declared very valid and reliable. The average percentage of student’s misconceptions on the Membrane Transport material is 31%. The highest misconception occurred in the concept of diffusion and osmosis by 54%.
Keywords: Misconception, Four-Tier Test, Membrane Transport.