INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH
PUBLIC SERVICE MALL INNOVATION IN PATI REGENCY CENTRAL JAVA
Kualitas layanan yang diberikan oleh pemerintah masih dianggap buruk oleh sebagian besar masyarakat. Hal tersebut dikarenakan adanya pungutan liar dan prosedur yang berbelit-belit (Humas MenPAN-RB, 2020). Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas layanan yaitu dengan cara inovasi. Dan wujud inovasi Pemerintah Kabupaten Pati berupa Mal Pelayanan Publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Inovasi Mal Pelayanan Publik Di Kabupaten Pati Jawa Tengah serta untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat Inovasi Mal Pelayanan Publik Di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripstif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi untuk melihat hasil dan pembahasan. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan publik pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pati memiliki kebaruan, efektif/memberikan kemudahan, inovasi yang dilakukan bermanfaat baik bagi masyarakat, swasta maupun pemerintah lainnya sehingga dapat direplikasi pada pemerintah lainnya dan inovasi yang dilakukan berkelanjutan terus menerus. Dengan faktor pendukung yaitu anggaran, fasilitas dan juga pemberian penghargaan. Sedangkan untuk faktor penghambat internet yang tidak stabil, website pusat yang terkadang down dan juga lokasi yang terbatas sehingga tidak banyak instansi yang bisa bergabung pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pati.
Kata kunci : Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Mal Pelayanan Publik
The quality of services provided by the government is still considered poor by most people. This is due to illegal fees and complicated procedures (Humas MenPAN- RB, 2020). One effort that can be done to improve service quality is by way of innovation. And a form of innovation by the Pati Regency Government is the Public Service Mall. The purpose of this research is to describe Public Service Mall Innovation in Pati Regency, Central Java and to describe the supporting factors and inhibiting factors for Public Service Mall Innovation in Pati Regency, Central Java. The type of research used is descriptive qualitative using data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation to see the results and discussion. As for data analysis techniques using data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that public service innovations at the Pati District Public Service Mall have novelty, are effective/provide convenience, the innovations carried out are beneficial to both the community, the private sector and other governments so that they can be replicated in other governments and the innovations carried out are continuous. With supporting factors, namely budget, facilities and also awards. As for the inhibiting factors, the internet is unstable, the central website is sometimes down and the location is limited so that not many agencies can join the Pati Regency Public Service Mall.
Keywords: Public Service, Service Innovation, Public Service Mall