PENGARUH KONTEN REVIEW DI TIKTOK SEBAGAI E-WOM
TERHADAP PERILAKU IMPUSIVE BUYING PRODUK BASRENG
THE INFLUENCE OF REVIEW CONTENT ON TIKTOK AS E-WOM
ON IMPUSIVE BUYING BEHAVIOR OF BASRENG PRODUCTS
Seiring berjalannya zaman, media sosial berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Adanya media sosial dapat dengan mudah mengakses informasi yang cukup banyak. Platform Tiktok menjadi salah satu media sosial yang popular sebagai sarana berbagi informasi, termasuk dalam bentuk review produk, yang dapat mempengaruhi pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) pada konten review di Tiktok terhadap perilaku Impulsive Buying pada produk basreng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 400 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok dan memiliki pengalaman dalam membeli produk basreng. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh variabel konten review sebagai e-WOM terhadap perilaku impulsive buying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten review di TikTok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku impulsive buying produk basreng. Semakin positif dan menarik konten review yang disajikan, semakin besar kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif.
As time goes by, social media is growing very rapidly from year to year. The existence of social media can easily access quite a lot of information. The Tiktok platform has become a popular social media as a means of sharing information, including in the form of product reviews, which can influence consumer purchases. This research aims to determine the influence of Electronic Word of Mouth (E-WOM) on review content on Tiktok on Impulsive Buying behavior in basreng products. This research uses a quantitative approach with a survey method. Data was collected by distributing questionnaires to 400 respondents who were active TikTok users and had experience in purchasing basreng products. Data analysis was carried out using a simple linear regression technique to test the influence of review content variables as e-WOM on impulsive buying behavior. The research results show that review content on TikTok has a significant influence on impulsive buying behavior of basreng products. The more positive and interesting the review content presented, the greater the consumer's tendency to make impulse purchases.