ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya Covid-19 yang mengakibatkan perubahan proses pembelajaran di Indonesia. Hasil wawancara dengan guru di SMKN 2 Surabaya menyebutkan perubahan proses pembelajaran ini mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan dalam mempengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tipe kepribadian Hippocrates dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto, yaitu penelitian hubungan sebab akibat tanpa memberi perlakuan kepada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMKN 2 Surabaya, dengan sampel sebanyak 2 rombongan belajar yaitu kelas X DPIB 1 dan DPIB 2. Teknik pengambilan data berupa angket (kuesioner) dengan skala Likert dan tes yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data berupa analisis jalur (path analysis) dengan regresi linier berganda, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tipe kepribadian Hippocrates-sanguinis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar ditunjukkan dengan nilai sig. 0,433 dan koefisien regresi 0,082; tipe kepribadian Hippocrates-phlegmatis berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai sig. 0.036 dan koefisien regresi 0,222; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai sig. 0,000 dan koefisien regresi 0,491; (3) Tipe kepribadian Hippocrates-sanguinis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. 0,008 dan koefisien regresi 0,233; tipe kepribadian Hippocrates-phlegmatis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. 0,027 dan koefisien regresi 0,209; (4) Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. 0,002 dan koefisien regresi 0,331; (5) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. 0,001 dan koefisien regresi 0,372; (6) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara tipe kepribadian Hippocrates (sanguinis dan phlegmatis) terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai sig. 0,441 dan pengaruh tidak langusng 0,033 (sanguinis) dan nilai sig 0,068 dan pengaruh tidak langsung 0,083 (phlegmatis); dan (7) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai sig. 0,005 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,183.
Kata kunci: Tipe Kepribadian Hippocrates, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.