ABSTRAK
PENGEMBANGAN VIDEO
MOTION GRAPHIC PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA
MATERI PRINSIP DESAIN PESAN VISUAL MATA KULIAH DESAIN PESAN S1 DEPARTEMEN
TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA.
Nama : Adrian Ananta Ashari
NIM :
19010024064
Program Studi :
S1 Departemen Teknologi Pendidikan
Fakultas : Fakultas Ilmu
Pendidikan
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Khusnul Khotimah, S.Pd, M.Pd
Mata Kuliah Desain merupakan mata
kuliah yang memjelaskan seputar pembuat pesan melalui media dengan menggunakan
komputer, yang mata kuliah wajib yang harus dijalan oleh mahasiswa Universitas
Negeri Surabaya Program Studi Departemen Teknologi Pendidikan. Pada penelitian
ini akan membahas pembuatan pesan mealui media yaitu media video, dengan
mnggunakan software yang ada dikomputer. Sesuai dengan observasi yang dilakukan
di kelas 2022 C Program Studi Departemen Teknologi Pendidikan Universitas
Negeri Surabaya. Peneliti memberikan soal pre-test dan post-test untuk
mengetahui pengetahuan awal mahasiswa kelas 2022 C sejauh apa mahasiswa
mengetahui perihal pembuatan pesan melalui media dan terkhusus pesan memalui
media video.
Penulis memiliki tujuan untuk
mengetahui suatu media apakah dapat membuat media video lebih efektif dalam
pembuatan pesan melaui media video dalam mata kuliah Desain Pesan, Kelayakan
media dapat review dari ahli media dan ahli materi, untuk menguji kelayakan
media video yang berisikan pesan, penguji memberikan persoalan pre-test dan
post-test kepada mahasiswa Program Studi
Departemen Teknologi Pendidikan Kelas 2022 C untuk mengetahui pengetahuan awal
dan menunjakan apakah media menunjukan keefektifan dalam pembelajaran pembuatan
media melalui media video.
Hasil coba kelayakan media video kepada ahli materi dapat
dikategorikan baik dengan presentase sebesar 80%, dan ahli media dapat
dikategorikan baik dengan presentasi 83%. Kemudian berdasarkan perhitungan
uji-t dengan rincian Berdasarkan uji t diketahui nilai sig.
(2-tailed) 0,00 dengan taraf signifikasi 95%. Oleh karena itu, nilai
sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05. berdasarkan grafik hasil perhitungan rerata
nilai pre-test dan post-test
kelompok eksperimen tampak lebih tinggi hasil yang diperoleh setelah mahasiswa
diberi treatment berupa media video motion graphic . Kemudian,
berdasarkan hasil perhitungan uji t dengan dasar pengambilan keputusan tolak Ho
apabila sig. (2-tailed) ≤ 0,05. Hasil
data uji-t diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga dapat
disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh dari media
pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar mahasiswa Departemen
Teknologi Pendidikan.Merujuk dari keseluruhan hasil pembahasan di atas, maka
dapat disimpulkan bahwa media video motion graphic pada mata kuliah
desai pesan untuk mahasiswa Departemen Teknologi Pendidikan Unesa dinyatakan
sangat layak dan efektif digunakan dalam
kegiatan pembelajaran.
Kata
Kunci :
Media, Desain Pesan, Media Video.