PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
IMPROVED HIGH LEVEL THINKING ABILITY OF HIGH SCHOOL STUDENTS VIA PROBLEM BASED LEARNING MODELS
Pada abad 21 yang dibarengi masuknya revolusi industri 4.0, membuat banyak pekerjaan yang dulunya dikerjakan manusia tergantikan oleh mesin, dengan perubahan tersebut perlu adanya perubahan dalam dunia pendidikan agar mencetak SDM yang siap menghadapi industri 4.0. SMK selaku pendidikan menengah dituntut untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dengan kemampuan industri 4.0. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan di era revolusi industry 4.0 adalah kemampuan high order thinking skills (HOTS). Penggunaan pembelajaran langsung dengan pendekatan konvensional pada proses pembelajaran membuat siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan kurangnya penggunaan assessment HOTS di sekolah-sekolah Indonesia membuat rendahnya kemampuan HOTS siswa, sehingga perlunya diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dan penyusunan assessment HOTS agar menghasilkan siswa yang mempunyai kemampuan HOTS. Tujuan artikel gagasan ini adalah apakah betul model PBL dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan kemampuan HOTS siswa, mengetahui strategi penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa, dan mengetahui cara menyusun sebuah assessment HOTS yang memenuhi kriteria layak pakai. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini yaitu studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur terkait, selanjutnya semua data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk menjawab permasalahan. Hasil artikel gagasan ini yaitu: Model PBL dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Adapun strategi yang perlu diperhatikan dalam penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik ialah dibentuknya kelompok yang heterogen, melibatkan peserta didik terhadap proses pembelajaran, kecakapan pendidik sebagai fasilitator, permasalahan, dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai gaya belajar siswa. Untuk membuat assessment HOTS yang dikatakan layak pakai harus memenuhi langkah-langkah berikut: analisis KD dan IPK, menentukan stimulus yang kontekstual dan menarik, tujuan tes, validasi ahli dan ujicoba produk, dan analisis dan revisi produk.
Kata Kunci: HOTS, PBL, Assessment.
In the 21st century, with the advent of the industrial 4.0 revolution, much of the work that was once done by man was replaced by the machine, with the need for a change in the world of education to print human resources ready to deal with the 4.0 industry. SMK as secondary education is required to produce graduates who are ready to work with the industrial abilities of 4.0. One of the tools required in the revolutionary industry 4.0 was high-order thinking skills (HOTS). The use of direct learning with a conventional approach to the learning process makes students more likely to be passive in the learning process and the lack of assessment HOTS in Indonesian schools make students less able, so the need for applying the problem model-based learning (PBL) with a scientific approach and a rendering of assessment HOTS to create a student with HOTS abilities. The purpose of this idea article is whether a model PBL with a scientific approach can improve the abilities of HOTS students, know an advanced model application strategy with a scientific approach to improving the ability of HOTS students, and know-how to create an assessment HOTS that meets the worthy criteria. The method used in composing this article is that the study of literature by collecting the corresponding literature, in turn, all the data that has been collected is analyzed to address the problem. Based learning problem model with a scientific approach can improve student HOTS skills. As for the strategy that needs attention in the application of a PBL model with a scientific approach is the formation of a heterogeneous group, involving learners of the learning process, the educators' competence as facilitators, issues, and the use of learning media appropriate to student learning styles. To make an assessment HOTS that is said to be viable must meet the following steps: KD and IPK analysis, determining contextual and attractive stimulus, test goals, expert validation, and product trials, and analysis and revision of the product.