ANALISIS PENGAJUAN SOAL MATERI PENYAJIAN DATA PADA SISWA KELAS V
Analysis of Problem Posing on Data Display material by fifth-graders
Sari, Ria Pusvita. 2020. Analisis Pengajuan Soal Materi Penyajian Data pada Siswa Kelas V. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. dan (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Kata-kata kunci: pengajuan masalah, analisis, sintaksis, semantik, tingkat kesulitan soal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengajuan soal materi Penyajian Data pada siswa kelas V. Siswa yang dapat merumuskan soal matematis memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak dapat membuat soal. Dalam penelitian ini, ada tiga aspek yang dianalisis, yaitu aspek sintaksis, semantik, dan tingkat kesulitan soal yang diajukan siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C sebanyak 26 siswa di SD Muhammadiyah Manyar, Gresik. Data penelitian ini berupa kumpulan pertanyaan/soal yang diajukan siswa berdasarkan informasi yang diberikan guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tugas pengajuan soal selama satu hari. Analisis dilakukan dengan menentukan jenis proposisi, jumlah relasi semantik, dan tingkat kesulitan soal buatan siswa. Setelah itu data disajikan secara terorganisir dan terkategori yang memungkinkan dilakukan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek sintaksis soal yang diajukan siswa, mayoritas termasuk dalam kategori proposisi penugasan. Pertanyaan yang dihasilkan tersebut langsung menuju pada tugas yang perlu dikerjakan. Pada aspek hubungan struktural semantik, mayoritas pertanyaan siswa termasuk kategori menyatakan kembali (restate) karena soal yang diajukan hanya mengandung data yang sudah ada dalam informasi yang diberikan dan jawabannya bisa ditemukan langsung dalam informasi tersebut. Selain itu, mayoritas pertanyaan juga termasuk kategori mengelompokkan (group) karena soal yang diajukan menggabungkan beberapa data yang ada dalam informasi yang diberikan atau mampu menggabungkan beberapa poin pertanyaan dalam sebuah pertanyaan. Pada aspek semantik juga ditemukan sebanyak 63,46 persen soal buatan siswa termasuk soal 1-relasi.
Sementara itu, tingkat kesulitan sebagian besar pertanyaan yang diajukan siswa termasuk mudah. Hal itu dibuktikan sebanyak 58,97 persen pertanyaan mempunyai skor 1. Namun demikian, struktur bahasa yang digunakan siswa dalam membuat pertanyaan mayoritas sudah sesuai dengan tata bahasa Indonesia, dan sudah sesuai dengan materi, serta dapat diselesaikan sesuai dengan informasi yang ada.
ABSTRACT
Sari, Ria Pusvita. 2020. Analysis of Problem Posing on Data Display material by fifth-graders. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd., and (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Keywords: problem posing, analysis, syntax, semantics, problem difficulty level
This study aims to determine the quality of the problem-posing on Data Display material by fifth-graders. Students who can make mathematical problems have a higher problem solving ability than students who can’t make problems. In this study, three aspects were analyzed: syntactic, semantic, and the difficulty level of students' questions.
This type of research is a quantitative descriptive research. The subjects of this study were 26 students of class V-C at Muhammadiyah Elementary School in Manyar, Gresik. The research data is in the form of a collection of students' questions based on the teacher's information. Data were collected using a one-day question submission sheet. The analysis was carried out by determining the type of proposition, the number of semantic relations and the difficulty level of the student-made questions. After that the data is presented in an organized and catagorized manner which allows making conclusions to be made.
This study's results indicate that the syntactic aspects of the questions posed by students are mostly included in the assignment proposition category. The resulting questions lead directly to the task that needs to be done. In the aspect of semantic structural relations, most student questions are included in the restate category because the questions posed only contain data that already exists in the information provided, and the answers can be found directly in that information. Besides, most questions are also categorized into groups because the questions posed combine some of the existing data in the information provided or can combine several question points in a question. In the semantic aspect, 63.46 percent of student-made questions were also found, including 1-relation questions.
Meanwhile, the difficulty level of most of the questions asked by students was easy. This was proven by as many as 58.97 percent of the questions had a score of 1. However, students' language structure in making the majority of questions was following Indonesian grammar, following the material, and could be completed according to the information available.