Digital Public Relations Strategy of the East Java Province National Narcotics Agency in Creating Drug Abuse Prevention Content (Social Media Study of Instagram @infobnnp_jatim and Website jatim.bnn.go.id)
ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada Humas Digital Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur dalam menggunakan strategi public relations terkait penyampaian informasi atau pesan kepada public dalam pembuatan sebuah konten pencegahan penyalahgunaan narkoba pada akun media soisal Instagram dan Website resmi yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saya yang dilakukan oleh Humas Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur dalam menyesuaikan konten informasi atau pesan pencegahan penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus melalui wawancara mendalam sebagai metode utama pengumpulan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi Public Relations. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Badan Narkotika Nasional Provisi Jawa Timur menggunakan strategi public relations dalam pembuatan konten pencegahan penyalahgunaan narkoba sebagai media penyampai informasi atau pesan kepada masyarakat.
Kata Kunci: Strategi Humas, Humas Digital, BNNP Jawa Timur, Konten Pencegahan
ABSTRACT
The research focuses on Digital Public Relations of the National Narcotics Agency of East Java Province in using public relations strategies related to the delivery of information or messages to the public in the creation of a drug abuse prevention content on the social media account Instagram and the official website owned. This research was carried out to find out what I was doing by the Public Relations of the National Narcotics Agency of East Java Province in adapting the content of information or messages of prevention of drug abuse to the public. The research uses a qualitative approach to the case study methodology through in-depth interviews as the primary method of data collection. The theory used in this study is the theory of public relations strategies. The results of this study show that the Public Relations National Narcotics Agency of Eastern Java Providence uses public relations strategy in the creation of drug abuse prevention content as a medium of information or message to the public.
Keywords: Public Relations Strategy, Digital Public Relations, BNN of East Java Province, Content Prevention