MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS PADA SISWA TUNARUNGU
ANIMATED VIDEO MEDIA TO IMPROVING UNDERSTANDING OF SEX EDUCATION IN DEAF STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegunaan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman pendidikan seks pada siswa tunarungu. Anak tunarungu mengalami gangguan berbahasa dan berbicara yang dapat menimbulkan permasalahan pada komunikasi mereka. Terjadinya kasus kekerasan dan pelecehan seksual pada anak tunarungu diakibatkan oleh hambatan komunikasi yang menjadi faktor utama. Perlu diberikan pembelajaran pendidikan seksual dengan tujuan untuk mencegah terjadinya perilaku negatif yang dilakukan oleh diri mereka sendiri maupun orang lain. Pendidikan seksual yang perlu untuk anak tunarungu usia sekolah dasar mencakup tentang perlindungan diri. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan telaah pustakaan dari artikel dan buku yang relevan, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menyelesaikan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa video animasi bersifat efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam membantu penyampaian materi pendidikan seksual pada anak tunarungu sebab dengan media video animasi dapat menarik perhatian dan meningkatkan minat belajar anak.
Kata kunci: Video animasi, Pendidikan seksual, Anak tunarungu
The purpose of this study was to analyze the role of animated video media in improving understanding of sex education in deaf students. The hearing impairment students experienced language and speech disorders that cause problems in their communication. The occurrence of cases of sexual violence and abuse to deaf children is due to communication barriers which are the main factors. So it is necessary to learn sexual education with the aim of preventing negative behavior by themselves and others. Sexual education that is necessary for children with hearing impairment of primary school age regarding self-protection. This research uses literature study method with literature review from journals and books released by research, and then analyzed by using a quantitative approach to solve the problem. The results of the study show that animated video is effectively used as a learning media for helping deliver sexual education material to deaf children because animated video media can attract attention and increase children's learning interest.
Keyword: Animated video, Sexual education, Deaf children