PEMANFATAN MEDIA GEOBOARD PADA MATERI BANGUN DATAR BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
THE USE OF GEOBOARD LEARNING MEDIA ON FLAT SHAPE MATERIAL FOR MILD MENTALLY RETARDED STUDENTS
Pemanfatan media pembelajaran geoboard bagi anak tunagrahita ringan, media pembelajaran geoboard merupakan sarana yang dapat membantu siswa dalam memahami materi geometri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfatan media pembelajaran geoboard pada materi bangun datar bagi siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan mencari sumber referensi dari jurnal nasional, internasional, prosiding internasional, dan buku yang berkaitan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode analisis tinjauan literatur kemudian dilakukan analisis isi untuk mendapatkan hasil. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran geoboard dapat dimanfaatkan bagi siswa tunagrahita ringan dalam memahami materi bangun datar dengan menyesuaikan kemampuan anak tungarhiata ringan.
The use of geoboard learning media for the children with mild mental retardation, geoboard learning media means a tool which can help students in understanding geometry. This study aims to describe the use of geoboard learning media on flat shape materials for mild mental retardation students. The method used in this study is study of literature by looking for any references from national, international, proceeding international journals as well as books related to research topic. Data collection technique used in this study is literature review analysis then followed with content analysis to get results. The result of this study shows that geoboard learning media can be utilized for students with mild mental retardation in understanding flat shape material by considering the ability of children with mild mental retardation.