PENERAPAN TEKNIK LOGOTERAPI
UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESETA DIDIK DI SMPN 29 GRESIK BIDANG AKADEMIK
THE IMPLEMENTATION OF LOGOTHERAPY TECHNIQUE
TO INCREASE STUDENT’S SELF EFFICACY
AT SMPN 29 GRESIK OF ACADEMIC FIELD
ABSTRAK
Nama : Zavira Ramadhanti
NIM : 16010014047
Program Studi : S-1
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Budi Purwoko., M.Pd
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah logoterapi efektif untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik di SMPN 29 GRESIK. Peneliti telah melakukan studi pendahuluan di SMPN 2 Gresik, Surabaya. Studi pendahuluan dilakukan melalui penyebaran kuesioner/ angket di kelas VIII A yang terdiri dari 29 peserta didik, dan didapatkan hasil: peserta didik yang memiliki efikasi diri yang rendah sebanyak 5 anak dibagi dengan jumlah peserta didik 29 dikali 100% dan didapatkan hasil 17, 162%, efikasi diri yang sedang sejumlah 17 anak dibagi jumlah peserta didik sebanyak 29 dikali 100% dan didapatkan hasil 58,621%, dan efikasi diri kategori tinggi sejumlah 7 anak dibagi 29 anak dikali 100% didapatkan hasil 16,138%. Dari penjelasan yang telah dipaparkan maka peneliti ingin menerapkan teknik logoterapi untuk dapat menaikkan efikasi diri peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data post-test lebih tinggi dari pada data pre-test karena nilai mean hasil data penyebaran angket pre-test 56,50 < post-test 73,00, maka secara deskriptif ada perbedaan rata- rata hasil penyebaran angket efikasi diri sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian akhir pada peserta didik di SMPN 29 Gresik adalah paired sample t test diketahui nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan pada analisis data penelitian ini bahwa ada perbedaan rata- rata pre-test dan post-test tingkat efikasi diri pada peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling individu teknik Logoterapi.
Kata kunci :Logoterapi, efikasi diri
ABSTRACT
Name : Zavira Ramadhanti
Student Registration Number : 16010014047
Study Program : S-1
Departmen : Guidance and Counceling
Faculty : Education
Institution name : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Dr. Budi Purwoko., M.Pd
This research was conducted to find out whether logotherapy technique was effective in increasing the self-efficacy of students at SMPN 29 GRESIK. Researchers have conducted a preliminary study at SMPN 2 Gresik. The preliminary study was carried out through questionnaires in class VIII A consisting of 29 students, and the results obtained: 5 students who have low self-efficacydivided by the number of students 29 times 100% and obtained 17, 162% ,17 children who have medium self-efficacy divided by the number of students 29 times 100% and 58.662% results obtained, and 7 studenta who have high category of self-efficacy divided by 29 times 100% results obtained 16.138%. From the explanation that has been presented, the researcher wants to apply the logotherapy technique is able to increase the self-efficacy of students.
The results showed that the post-test data were higher than the pre-test data because the mean value of the pre-test questionnaire data is 56.50 that is lower than the post-test data as much 73.00, then descriptively there was a difference in the average results of the distribution of efficacy questionnaires oneself before treatment and after treatment. The results of the final research on students in SMPN 29 Gresik were paired sample t tests known to the value of Sig. (2 tailed) of 0.001 <0.05 then Hₒ is rejected and Hₐ is accepted. So it can be concluded in the analysis of the data of this study that there are differences in the average pre-test and post-test the level of self-efficacy in students before and after treatment given individual counseling with Logotherapy techique .
Keywords: Logotherapy, self efficacy.