IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN
IMPLEMENTATION OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) AS LEARNING SUPPORT MEDIA
Tujuan dari dibuatnya artikel ini untuk menelaah lebih mendalam mengenai implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media penunjang pembelajaran di sekolah dasar dan menengah. Pada artikel ini menggunakan metode kajian pustaka, yaitu dengan menelaah beberapa jurnal nasional dan jurnal internasional yang selanjutnya akan di analisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) dalam pengimplementasian TIK sebagai media penunjang pembelajaran terdapat berbagai jenis media berbasis TIK yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran, namun guru juga harus dapat lebih cermat dalam memilih media pembelajaran berbasis TIK yang akan digunakan agar dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran, 2) kurangnya pelatihan bidang TIK bagi guru menjadi salah satu kendala utama yang dapat membuat guru lebih sulit dalam mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran, 3) adanya usaha dari guru dalam mengembangkan kompetensi dalam bidang TIK, dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak dapat mendorong pengimplementasian TIK sebagai media penunjang pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan lebih maksimal dan kualitas pendidik juga dapat semakin meningkat.
Kata kunci: implementasi TIK, kompetensi guru, TIK dalam pembelajaran.
The purpose of this article is to examine more deeply the implementation of Information and Communication Technology (ICT) as a learning support medium in primary and secondary schools. This article uses the literature review method, namely by examining several national journals and international journals which will then be analyzed using content analysis techniques. The result of this study are: 1) in implementing ICT as a learning support media, there are various types of ICT-based media that can be used in learning activities, but teachers must also be more careful in choosing ICT-based learning media that will be used in order to maximize learning activities, 2) the lack of training in ICT for teachers is one of the main obstacles that can make it more difficult for teachers to implement ICT in learning, 3) the efforts of teachers to develop competencies in the field of ICT, support and cooperation from various parties can encourage the implementation of ICT as a medium learning support so that learning activities can run more optimally and the quality of educators can also increase .
Keywords: ICT implementation, teacher competence, ICT in learning.