FASHION DESIGN PORTFOLIO: MODAL UNTUK BEKERJA DI MASA DEPAN
FASHION DESIGN PORTFOLIO: A CAPITAL FOR FUTURE EMPLOYMENT
Industri kreatif fashion merupakan area bisnis yang sangat kompetitif. Perusahaan industri fashion yang ingin menjual barang dagangan, produk, atau layanan mereka bergantung pada dinamika presentasi fashion kreatif sebagai alat pemasaran visual yang berharga. Teknik ini dapat bervariasi dari satu pasar ke pasar lainnya, tetapi secara umum, perusahaan tahu bahwa kesuksesan membutuhkan lebih dari sekadar memperkenalkan produk baru. Fashion Design Portfolio merupakan salah satu komponen penting bagi siswa fashion desain untuk magang dan melamar pekerjaan. Fashion Design Portfolio haruslah cantik secara estetika dan menunjukkan keterampilan yang diinginkan oleh para profesional industri dalam membuat keputusan perekrutan magang maupun bekerja. Namun, dalam kenyataannya, kerap kali ada perbedaan antara ekspetasi industri dengan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan. Artikel ini membahas mengenai konten fashion design portfolio milik desainer fashion yang diinginkan oleh para profesional industri kreatif fashion dan sistematika pembuatan fashion design portfolio. Artikel ini menghasilkan, pertama, fashion design portfolio digunakan untuk bekerja di masa depan dengan konten yang diinginkan oleh para profesional industri fashion, antara lain: (1) portfolio yang bersih dan terorganisasi dengan baik, (2) berbentuk digital dan pelampiran video resume singkat, (3) melampirkan hand sketch, dan (4) penggunaan software untuk membuat desain busana dan technical drawing. Kedua, sistematika fashion design portfolio, yaitu: (1) penelitian dan peramalan; (2) pembuatan konsep dan inspirasi (mood board); (3) pembuatan desain-desain busana; dan (4) pembuatan prototipe dan penyematan prototipe.
Kata Kunci: portofolio, desain fashion, industri.
Fashion creative industry is a very competitive business area. Fashion industry companies that want to sell their merchandise, products, or services depending on the dynamic of creative fashion presentation as a valuable visual marketing tool. This technique can vary from market to market, but generally, companies know success requires more than just introducing new products. Fashion Design Portfolio is one of the important components for fashion design students for internships and applying jobs. The Fashion Design Portfolio must be aesthetically beautiful and demonstrate the skills desired by industry professionals in making internship and employment recruitment decisions. However, in reality, there are often differences between industry expectations and graduates capabilities. This article discusses fashion design portfolio contents belonging to fashion designers desired by fashion creative industry professionals and fashion design portfolios systematic manufacture. This article results, first, fashion design portfolio can become capital for future work with content desired by fashion industry professionals, including: (1) a clean and well-organized portfolio, (2) digital format and a short resume video attachment, (3) attaching hand sketches, and (4) use of software to make clothing designs and technical drawings. Second, systematic fashion design portfolio, namely: (1) research and forecasting; (2) concept creation and inspiration (mood board); (3) making fashion designs; and (4) making prototypes and embedding prototypes.
Keywords: portfolio, fashion design, industry.