Perkembangan merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Penguasaan keterampilan motorik ini wajib dimiliki oleh anak sebagai dasar untuk menguasai keterampilan motorik selanjutnya yang lebih kompleks dan. Zat gizi merupakan bahan bakar bagi tubuh manusia, zat gizi bisa didapatkan dari suplai makanan yang masuk kedalam tubuh. Jika kecukupan pangan tidak tercukupi, maka tumbuh kembang anak juga akan terganggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis status gizi dan motorik kasar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dekskriptif dengan dekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Gunungsekar 1 sampang yang berjumlah 23 orang. Adapun sempel untuk penelitian sebanyak 23 sempel yang diambil dengan menggunkan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan istrumen tes dan pengukuran untuk mengetahui hasil status gizi dan motorik kasar siswa.
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji tes status gizi dan pengukuran mototorik kasar, Berdasarkan hasil analisis data, pengujian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bawa hasil yang diperoleh dari status gizi dan motorik kasar siswa kelas 1 SDN Gunungsekar sampang bervariasi. Dari 23 siswa memiki nilai status gizi, nilai Min -0,72, Max 2,77 rata-rata 0,47 dan nilai standart deviasi 0,98, hasil motorik kasar nilai Min 174, Max 263, nilai rata-rata 200 dan nilai standart deviasi 22 dan di temukana hasil korelasi sebesar 0,0148 sehingga dapat dinyatakan tingkat korelasi sangat rendah.
Kata kunci : Status Gizi, Motorik Kasar
Development is very important for children. Mastery of motor skills must be possessed by children as a basis for mastering further complex motor skills. Nutrition is a fuel for the human body, nutrients can be obtained from the food supply that enters the body. If food sufficiency is not sufficient, the child's growth will also be disrupted. The purpose of this study was to analyze gross nutritional and motor status.
This study uses descriptive quantitative research with a correlational approach. The population in this study were grade 1 students of SD Gunungsekar 1 sampang which numbered 23 people. The sample for the study was 23 samples taken using the total sampling technique. This study uses test instruments and measurements to determine the results of gross nutritional and motor status of students.
The results of the study were based on nutritional status tests and rough mototoric measurements. Based on the results of data analysis, testing and discussion can be concluded that the results obtained from the gross nutritional and motoric status of grade 1 students at SDN Gunungsekar sampang varied. Of the 23 students had nutritional status values, Min values were -0.72, Max 2.77 averaged 0.47 and standard deviation values were 0.98, gross motoric results were Min value 174, Max 263, mean score 200 and value standard deviation of 22 and found a correlation of 0.0148 so that it can be stated that the correlation level is very low.
Keywords: Rough Nutritional Status, Motorics