Pada dasarnya pembelajaran matematika diberikan kepada siswa untuk membantu mereka menjadi individu yang mampu memecahkan masalah dengan menggunakan ideide matematika Ketika individu sedang memecahkan suatu masalah terkadang algoritma biasa yang dimiliki individu tersebut tidak dapat digunakan sehingga individu dituntut untuk menghasilkan ideide baru berpikir kreatif yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah Dalam upaya menumbuhkembangkan keterampilan siswa dalam menghasilkan ideide melalui pembelajaran guru perlu mengetahui bagaimana proses berpikir kreatif siswa dalam pembalajaran yang melibatkan aktivitas memecahkan masalah Di sisi lain berdasarkan teori Kirton kecenderungan individu dalam memecahkan suatu masalah dibedakan menjadi dua yaitu gaya kognitif adaptasi dan gaya kognitif inovasi
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran berbasis inkuiri matematis ditinjau dari gaya kognitif adaptasi dan inovasi Penelitian dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri matematis yang diikuti 36 siswa SMA kelas X MIA dan mendeskripsikan bagaimana proses berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tersebut Subjek penelitian terdiri dari dua siswa dengan gaya kognitif dan dua siswa dengan gaya kognitif inovasi total empat subjek Observasi dalam penelitian ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerapan pembelajaran yang berlangsung dalam penelitian ini sesuai dengan prinsip pembelajaran berbasis inkuiri matematis Wawancara retrospektif dilakukan untuk menggali informasi yang lebih dalam khususnya mengenai proses berpikir kreatif subjek pada tahap inkubasi dan tahap iluminasi tahap yang tidak dapat diamati
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif adaptasi dan siswa dengan gaya kognitif inovasi dalam pembelajaran berbasis inkuiri matematis melalui tahap persiapan dimana siswa mengidentifikasi masalah tahap inkubasi dimana siswa mengesampingkan masalah tahap iluminasi dimana siswa saat dalam masa inkubasi tibatiba muncul ide yang dianggap dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tahap verifikasi dimana siswa memeriksa kembali ide yang dihasilkan
Basically mathematics learning is given to students to help them become individuals who are able to solve problems using mathematical ideas When individuals are solving a problem sometimes the common algorithms cannot be used by individuals so that individuals are required to generate new ideas creative thinking that can be used to solve problems To develop skills of students in generating ideas through learning teachers need to know how creative thinking processes of the students in learning involve problem solving activities On the other hand based on the tendency of individuals to solve a problem cognitive style is divided into two apart namely adaptation and innovation
This qualitative research aims to describe creative thinking processes of students in mathematical inquirybased learning in terms of cognitive style of adaptation and innovation The study was conducted by applying mathematical inquirybased learning followed by 36 students of secondary school grade X MIA and describing how processes of the students in the learning The research subjects consisted of two students with adaptation cognitive style and two students with innovative cognitive styles four subjects The observation in this study aims to ensure that the application of learning that takes place in this study is in accordance with the principles of mathematical inquirybased learning Retrospective interviews were carried out to explore deeper information specifically regarding the subjects creative thinking process at the incubation stage and the illumination stage inaction stages
The results showed that creative thinking processes of adaptive students and innovative students in mathematical inquirybased learning through the preparation stage where students identify problems the incubation stage where students override problems the illumination stage where students during the incubation period suddenly come up with ideas that can be used to solve the problem the verification stage where students reexamine the ideas produced