Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan strategi Predict Observe Explain (POE), aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar dan respon peserta didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan sasaran penelitian XI IPA-4 yang berjumlah 34 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan LKPD. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar soal tes keterampilan berpikir kritis, lembar tes hasil belajar dan lembar angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan strategi POE pada pertemuan 1,2 dan 3 berturut-turut 97,05%; 98,44%; 98,82%. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran diperoleh total persentase aktivitas yang relevan pada pertemuan 1 hingga 3 sebesar 95,56%; 97,41%; 98,15%. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam kategori rendah sebanyak 6%, pada kategori sedang sebanyak 26% dan 68% dalam kategori tinggi. Hasil belajar peserta didik secara klasikal diperoleh persentase sebesar 88% dalam kategori tuntas dan 12% peserta didik pada kategori tidak tuntas. Peserta didik merespon positif terhadap penerapan strategi POE dengan persentase sebesar 95,08% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: Predict Observe Explain, Keterampilan Berpikir Kritis, Kesetimbangan Kimia
The purpose of this study is to describe describe implementation of Predict Observe Explain (POE) strategy, student activity, critical thinking skills, learning result and responses of students on chemical equilibrium material in XI class SMA Negeri 11 Surabaya. This study used one group pretest-posttest design with 34 people in the XI IPA-4 research target. The learning tools used are syllabus, learning implementation plan, and LKPD. The research instrument used are learning schedule observation sheet, student observation activity sheet, critical thinking skills test questions, learning result test sheets and response questionnaire sheets. The results showed that the implementation of the POE strategy at meetings 1,2 and 3 respectively was 97.05%; 98.44%; 98.82%. Activities of students during learning are obtained by the total percentage of relevant activities in meetings 1 to 3 of 95.56%; 97.41%; 98.15%. Students' critical thinking skills in the low category are 6%, in the moderate category as much as 26% and 68% in the high category. The learning result of students in classics obtained a percentage of 88% in the complete category and 12% of students in the category did not complete. Students respond positively to the implementation of the POE strategy with a percentage of 95.08% with very good criteria.
Keywords: Predict Observe Explain, Critical Thinking Skills, Chemical Equilibrium