Pertumbuhan industri yang pesat di Gresik yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan Ruang Terbuka Hijau yang seimbang memunculkan berbagai masalah lingkungan yang berdampak bagi kenyamanan dan kesehatan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Gresik meluncurkan Program “Gresik BISA” (Bersih, Indah, Sejuk, Asri) dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bekerjasama dengan sekolah dan kelompok masyarakat yang peduli lingkungan dengan bersama-sama menambah Ruang Terbuka Hijau di daerah masing-masing. Tujuan dari perancangan ILM adalah untuk mengajak masyarakat ikut berperan aktif mendukung program Gresik BISA dengan melakukan gerakan penghijauan guna mengurangi dampak negatif pencemaran udara yang ditimbulkan kegiatan industri. Desain dibuat setelah konsep berbentuk thumbnail ditemukan untuk kemudian diolah dalam bentuk tight tissue menggunakan software digital editing. Selanjutnya hasil perancangan diimplementasikan sesuai strategi, waktu, dan tempat yang tentunya tiap media berbeda satu sama lain. Proses ini dinamakan finally art. Penggunaan media utama melalui media digital di internet seperti iklan pop up, facebook ads, slide show website, akun resmi sosial media, twibbon untuk target audiens online. Sedangkan target audiens offline menggunakan media pendukung poster, spanduk, dan merchandise. Strategi media ini digunakan agar dapat dilihat dan dibaca sebanyak mungkin target audiens, sehingga pihak pembaca dapat menyerap isi pesan yang disampaikan, selanjutnya pembaca dapat bereaksi sesuai dengan harapan ILM ini.
Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Pencemaran Lingkungan, Penghijauan, Program Pemerintah, Gresik
The growth of industrial is rapid in Gresik which is not balanced with the growth of balanced green area and it causes some problems that have impacts such as public comfort and health public. Gresik government launching a program called "Gresik BISA" (Bersih, Indah, Sejuk, Asri) to protect and manage environment by cooperates with schools and public communities who care about environment by increasing green area in each spot. The purpose of PSA's plan is in order to urge people play role actively supporting Gresik BISA program by doing a green movement to reduce negative impacts of pollution which is caused by industrial. The design was made after the form of thumbnail concept is found and processed in the form of tight tissue using digital editing software. Next step, the design result are implemented according to strategy, time and place, which of course each media is different from each other. Those proccess namely finally art. The use of main media is done through digital media on internet such as pop up advertisement, facebook ads, slide show website, social media official account, twibbon for online audience target. Where as the offline audience target uses through supporting media such as poster, baliho, and merchandise. The strategy of media is used in order to be seen and read as much as by audiences, so readers can get the messages which is delivered and readers can give reaction appropriately with PSA's expectations.
Key Word: Public Service Announcement, Environmental Pollution, Green movement, Government Program, Gresik.