Pengembangan Media Digital Simulator Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Prior Knowledge dan Problem solving Siswa SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor
Development of Digital Simulator Learning Media to Enhance Prior Knowledge and Problem Solving Skills of Vocational High School Students in Motorcycle Business Engineering
ABSTRAK
Rachmad Syarifudin Hidayatullah. 2023. Pengembangan Media Digital Simulator Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Prior Knowledge dan Problem solving Siswa SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor. Disertasi, Program Studi Pendidikan Vokasi, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: (I) Prof. Dr. Suparji, M.Pd., dan (II) Prof. Dr. Ir. I Wayan Susila, M.T.
Kata kunci: Media DSL, Project Based Learning, Prior Knowledge, Problem-Solving, ADDIE model.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk: (1) Menemukan media DSL (Digital Simulator Learning) yang layak untuk siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Progli (Program keahlian) TBSM (Teknik Bisnis dan Sepeda Motor) di Wilayah Kabupaten Bangkalan menggunakan model pembelajaran project based learning; (2) Mengevaluasi perbedaan kemampuan Prior Knowledge antara siswa yang belajar menggunakan media DSL dengan siswa yang belajar menggunakan media power menggunakan; dan (3) Mengevaluasi perbedaan kemampuan Problem solving antara siswa yang belajar menggunakan media DSL dengan siswa yang belajar menggunakan media power point bagi siswa menggunakan model pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Desain pengembangan ADDIE model. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI TBSM di SMKN 2 Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes Prior Knowledge dan Problem-Solving. Uji validitas instrumen terdiri dari uji validitas logis, empiris, uji validitas butir, dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media DSL yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai alat pembelajaran digital, dengan aspek tampilan, pengetahuan, kemudahan, dan kelengkapan yang mendapat penilaian positif dari ahli; (2) Terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan Prior Knowledge siswa sebelum dan sesudah menggunakan media DSL di kelas eksperimen dan kelas kontrol; dan (3) Terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan Problem solving siswa sebelum dan sesudah menggunakan media DSL di kelas eksperimen dan kelas kontrol.(4) Selain itu terdapat pengaruh signifikan secara langsung medi DSL terhadap kemampuan prior knowledge, media DSL terhadap kemampuan problem solving, serta pengaruh tidak langsung secara signifikan media DSL terhadap kemampuan problem solving melalui kemampuan prior knowledge.
Rachmad Syarifudin Hidayatullah. 2023. Development of Digital Simulator Learning Media to Enhance Prior Knowledge and Problem Solving Skills of Vocational High School Students in Motorcycle Business Engineering. Dissertation, Vocational Education Program, Graduate School, Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Prof. Dr. Suparji, M.Pd., dan (II) Prof. Dr. Ir. I Wayan Susila, M.T.
Keywords: DSL media, project-based learning, Prior Knowledge, Problem-Solving, ADDIE model
This research and develop aims to: (1) Identify suitable DSL media for Progli TBSM vocational students in the Bangkalan Regency using the project-based learning model; (2) Evaluate the differences in Prior Knowledge between students learning with DSL media and those learning with PowerPoint media for Progli TBSM vocational students in the Bangkalan Regency using the project-based learning model; and (3) Evaluate the differences in Problem solving abilities between students learning with DSL media and those learning with PowerPoint media for Progli TBSM vocational students in the Bangkalan Regency using the Project Based Learning model.
This research belongs to the development research type. The development design used is the ADDIE model. The research subjects are Class XI TBSM students at SMKN 2 Bangkalan. The instruments used in this research include Prior Knowledge and Problemsolving tests. The instrument validity testing consists of logical validity, empirical validity, item validity, and reliability testing.
The results of this research indicate that (1) The developed DSL media is considered suitable for use as a digital learning tool, with positive assessments from experts in terms of appearance, Knowledge, ease of use, and completeness; (2) There is a significant difference in the Prior Knowledge abilities of students before and after using DSL media in the