Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan mobile learning, respon peserta didk terhadap mobile learning dan hasil belajar siswa yang menggunakan media mobile learning pada mata pelajaran pengolahan citra digital. Jenis penelitian Nonequivalent control group design dan untuk rancangan penelitian menggunakan metode 4D. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Jetis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi media, lembar validasi angket respon dan lembar validasi soal pretest posttest. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran mobile learning yang bisa digunakan untuk belajar oleh peserta didik sewaktu--waktu melalui smartphone dengan android versi minimal jellybean 4.1. Aplikasi mobile learning terdapat beberapa menu yaitu menu kompetensi, menu materi, menu video dan menu latihan soal. Dalam media mobile learning ini terdapat mata pelajaran pengolahan citra digital pada kompetensi dasar 3.2 memahami klasifikasi huruf dan 4.2 menyajikan data hasil pengamatan terhadap jenis-jenis font huruf berbagai media dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu validasi rencana perangkat pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 90,96% dengan kategori sangat layak digunakan, validasi butir soal mendapatkan presentase 92,67% dengan kategori sangat layak digunakan, validasi modul pembelajaran mendapatkan hasil persentase 85,84% dengan kategori sangat layak digunakan, validasi angket respon mendapatkan hasil presentase 88,45% masuk kategori sangat layak digunakan, validasi media mobile learning mendapatkan hasil persentase 89,17% masuk kategori sangat layak digunakan. (2) Hasil angket penilaian respon peserta didik terhadap media mobile learning mendapatkan hasil jawaban mendapatkan 2079 dengan klasifikasi sikap setuju. (3) Hasil belajar siswa mendapatkan hasil rata – rata yang menggunakan media pembelajaran mobile learning yaitu 81,63, lebih baik daripada kelas kontrol menggunakan media power point yaitu dengan rata-rata nilai 75,47. Dapat disimpulkan bahwa mobile learning dapat meningkatnya hasil belajar peserta didik. Saran penelitian selanjutnya yaitu mengembangkan media mobile learning lebih dilengkapi dengan seluruh materi pada mata pelajaran pengolahan citra digital.
Kata kunci : Mobile Learning, Pengolahan Citra Digital, Hasil Belajar.
This study aims to know about the feasibility of mobile learning, students response towards mobile learning and learning outcomes using of mobile learning on digital image processing. This research used nonequivalent control group design and analyzed by 4d method. The sample were students XI Multimedia in SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. The instrument that used in this research were sheets validation media, sheets validation survey response and sheets validation about pretest posttest. . This research develops mobile learning media that can be accessed by students wherever and whenever through a smartphone with a minimal android version of Jellybean 4.1. The mobile learning application has several menus, namely the competency menu, material menu, video menu and quiz menu. In this mobile learning media there are subjects in digital image processing on basic competencies 3.2 Memahami klasifikasi huruf font pada tipografi and 4.2 Menyajikan data hasil pengamatan terhadap jenis-jenis huruf font berbagai media dalam kehidupan sehari-hari. The results this research showed that (1) The validation device learning got 90,96% with very feasible used categories, the validation questions item got 92,67% to a very feasible used categories, the validation learning module got 85,84% category being used, the validation response survey got 88,45% with very feasible used categories, mobile learning media validation got of 89.17% with very feasible to use categories. (2) The results of student questionnaire responses to mobile learning media got 2079 with agree classification. (3) Student learning outcomes that using mobile learning media higher than using power point media. The average value were 81,63 for mobile learning media and 75,74 for power point media. Can be concluded that mobile learning can improve student learning outcomes. The suggestion for further research is to develop mobile learning media more complete with all the material on digital image processing subjects.
Keywords: Mobile Learning, Digital Image Processing, Learning Outcomes