ABSTRAK
Muznah, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kelompok Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Perkembangan Sosial dan Kognitif Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Gugus V Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya, Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Kosentrasi PAUD, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd (2) Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kelompok, Contextual Teaching and Learning, perkembangan sosial, perkembangan kognitif
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menguji pengaruh model pembelajaran kelompok berbasis contextual teaching and learning terhadap perkembangan kognitif anak taman kanak-kanak kelompok B di gugus V kecamatan Sukolilo Surabaya 2) menguji pengaruh model pembelajaran kelompok berbasis contextual teaching and learning terhadap peningkatan perkembangan sosial anak taman kanak-kanak kelompok B di gugus V kecamatan Sukolilo Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen model quasi eksperimental design dan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi terdiri dari 260 anak TK-B gugus V kecamatan Sukolilo Surabaya. Sedangkan sampelnya adalah 36 anak sebagai kelompok kontrol dan 36 sebagai kelompok eksperimen yang dipilih secara random. Penelitian ini dilaksanakan di TK. Sekolah Alam Insan Mulia dan TK Hangtuah XVIII Surabaya. Peneliti membandingkan hasil perkembangan sosial dan kognitif anak TK-B yang menggunakan model pembelajaran kelompok berbasis Contextual Teaching and Learning dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran kelompok berbasis CTL. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan statistik program SPSS 17 for Windows Evaluation Version. Kesimpulan yang didapat adalah adanya pengaruh secara signifikan perkembangan sosial dan kognitif anak TK-B gugus V kecamatan Sukolilo setelah penerapan model pembelajaran kelompok berbasis CTL. Kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil analisa data uji hipotesa menggunakan regresi linear yang menujukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk uji hipotesa perkembangan sosial anak dan 0,000 untuk uji hipotesa perkembangan kognitif anak, karena nilai signifikansi kurang dari 0,05 (sig < 0,05) maka data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kelompok berbasis CTL memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan sosial dan kognitif anak.
ABSTRACT
Keywords: Group Learning Model, Contextual Teaching and Learning, social development, cognitive development
This research is aimed to 1) examine the effect of Contextual Teaching and Learning based group learning model in improving cognitive development of kindergarten children group B in cluster V Sukolilo district, Surabaya, 2) examine the effect of Contextual Teaching and Learning based group learning model in improving social development of kindergarten children group B cluster V Sukolilo district, Surabaya. This is a quantitative research with quasi experimental design using pretest-posttest control group design. The population is 260 students of TK-B cluster V Sukolilo district, Surabaya. The samples are 36 children as a control group and 36 children as experimental group which was selected randomly and conducted in TK. Sekolah Alam Insan Mulia and TK. Hangtuah XVIII Surabaya. The research compares the results of social and cognitive development of TK-B children that used Contextual Teaching and Learning based group learning model and without Contextual Teaching and Learning based group learning model. Data analysis used SPSS 17 program for windows evaluation version., as significance value is less than 0,05 (sig < 0,05) then the data can be concluded that CTL activity gives positive influence towards children social development.The conclusions obtained from the result of hyphothesis testing and analysis using linear regression showed asignificance value of 0.000 for the hypothesis test of social development of children and 0,000 for the hypothesis test of cognitive development of children. Significance value indicates 0,000, as significance value is less than 0,05 (sig < 0,05) then the data can be concluded that Contextual Teaching and Learning based group learning model gives positive influence towards social and cognitive development for children.