Sebagai salah satu kemampuan dasar dalam mempelajari bahasa, saat ini, reading sudah mulai diajarkan kepada anak-anak bahkan sejak mereka masih dalam kategori usia dini. Beberapa metode telah dicari guna menemukan pendekatan yang paling efektif untuk mengajarkan anak-anak membaca, salah satunya adalah methode Phonics (atau disebut juga dengan metode bunyi). Metode ini sudah banyak diterapkan tak hanya di negara-negara asal bahasa inggris, tetapi juga sudah mulai diterapkan di negara-negara dimana bahas Inggris merupakan bahasa asing mereka. Dengan menekankan pada kesadaran fonemik siswa, metode ini sangat membantu untuk mengajarkan siswa membaca, khususnya anak-anak taman kanak-kanak. Studi ini ditujuakan untuk membahas: (1) aktivitas guru dalam mengajarkan metode bunyi di kelas membaca. Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru indonesia mengajarkan murid taman kanak-kanaknya menggunakan metode bunyi untuk membaca teks bahasa inggris. (2) keterlibatan siswa selama kelas membaca berlangsung, dan yang terakhir adalah (3) bagaimana peranan metode bunyi dalam membantu anak TK membaca.
Studi ini menggunakan metode kualitatif yang fokus padastudi kasus. Subjek dari studi ini adalah guru dan murid TK. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah internasional di Surabaya. penelitian ini menggunakan metode observasi sebagai metode pengambilan datanya.
Hasil dari penelitian ini terdapat tiga hal penting yang menjawab tujuan dari penelitian tersebut. Hal pertama adalah, dalam aktifitas mengajar membaca menggunakan metode bunyi, guru menerapkan pola pengajaran yang meliputi penyajian huruf, pelafalan bunyi setiap huruf, mengenal kelompok huruf, penyebutan huruf awal pada kelompok huruf akhir, mengidentifikasi setiap bunyi huruf pada kata, membaca kata dengan mengeja, membaca kata secara lancar, dan yang terakhir adalah membaca kalimat. Hal kedua adalah diketahui bahwa mayoritas siswa terlibat dalam kegiatan belajar mengajar dimana murid-murid lebih aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Yang terakhir adalah tentang efektifitas metode bunyi tersebut. Metode bunyi cukup membantu dalam memudahkan anak untuk membaca teks bahasa inggris
Kata kunci: Kelas Membaca, Kesadaran fonemik, Metode Bunyi, Murid TK,
As one of the basic skills of language learning, nowadays, reading has been taught to the children even when they are still early age. Many methods have been searched to find the best way to teach children to read. The Phonics method then has been claimed as the best way to teach reading English text book. This method as well has been implemented not only in native English speaker countries but also in countries which use English as their foreign language. By emphasizing on the students’ phonemic awareness, this method is claimed to be helpful methods to aid the students to read, especially kindergarten students. This study then is proposed to discuss: (1) teaching activity done by the subject teacher in reading class. This is to know how Indonesian teacher teach reading to kindergarten students using phonics method. (2) the students’ engagement during the reading class, and the last is (3) the use of phonics in helping kindergarten students to read.
This study was qualitative research focusing on the case study. The subject of the study were the subject teacher who teach reading class and the students at kindergarten level. Kindergarten level was choosen as the best level due to the fact that at that level, the students already comprehend the letters and its sound, which is they already got on their playgroup level. The study was conducted in one of international school in Surabaya. the data was collected through the observation of the whole class during the teaching and learning activity.
The results of the study presented three main things. The first one, the subject teacher presented steps to teaching reacding to students. The step comprised presenting the letter, identifying the sound of the letter, recognizing the group of letter, inserting the first letter on the group of letter, identifying the sound of the letter in the word, reading the word by spelling, reading the word fluently, and the last was reading short and simple sentences. The second one, the students mostly engaged in reading class. This could be seen from the students who actively answer the subject teacher’s questions. The students also seemed to enjoy the class since the class was conveyed in fun way. The last main thing was about the effectiveness of the phonics method itslef. From the study, it can be concluded that the use of phonics methos was fair help in aidng the kindergarten students to read.
Keywords: Kindergarten Students, Phonemic Awareness, Phonics Method, Reading Class