Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas peserta didik, hasil belajar keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar ranah pengetahuan pada submateri faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan One-Group Pretest Post-test Design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik, lembar tes dan angket respon peserta didik Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 hingga pertemuan 3 berutut-turut sebesar sebesar 95,24% ; 96,15% dan 90,87%. (2) Rata-rata aktivitas peserta didik yang mendukung pembelajaran sebesar 94,27% dan rata-rata aktivitas yang tidak mendukung pembelajaran sebesar 5,74% (3) Ketuntasan individual keterampilan berpikir kritis peserta didik mencapai 94,44% dengan predikat sangat baik dan 5,56% dengan predikat baik. Kemampuan berpikir kritis komponen inferensi termasuk kategori tinggi sebesar 97,22% dan kategori cukup sebesar 2,78%; komponen analisis termasuk kategori tinggi sebesar 94,44% dan kategori cukup sebesar 5,56% ; komponen eksplanasi termasuk kategori tinggi sebesar 55,56% dan kategori cukup sebesar 44,44%. (4) Hasil belajar ranah pengetahuan sebesar 91,67% peserta didik telah tuntas dan 8,33% peserta didik tidak tuntas berdasarkan KKM (5) Respon positif peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 88,91%.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Keterampilan berpikir kritis, Laju reaksi
The aim of the research are to find out implementation of guided inquiry learning model through the learning process, student activity, cognitive and cricital thingking skill of student, student responses of implementation guided inquiry learning. Type of research is pra-experiment with research design One-Group Pretest Post-test Design. Instrument that used in research are implementation of guided inquiry learning sheet, student activity sheet, test sheet, student response questionnaire. The result of research are (1) The implementation of the guided inquiry learning model to train critical thinking skills at meetings 1 through 3 is 95,24% ; 96,15% dan 90,87%. (2) The learning process of student trainees activities that support learning is 94,27% than activities that do not support learners is 5,74% (3) Individual completeness of students' critical thinking skills reaches 94.44% with very good predicate and 5.56% with good predicate. The critical thinking ability of inference components is in the high category at 97.22% and in the sufficient category at 2.78%; the analysis component includes a high category of 94.44% and a sufficient category of 5.56%; the explanatory component is in the high category at 55.56% and in the sufficient category at 44.44%. (4) The learning outcomes of the knowledge domain of 91,67% students have been completed and 8,33% students have not been completed based on KKM. (5) Positive responses of students towards the guided inquiry learning model of 88.91%.
Keyword : Guided inquiry, Critical thinking skills, Reaction rate