Development of SSI-Based Science Learning Tools to Improve Critical Thinking Skills for Junior High School Students with Gadget-Based Interactive Multimedia Assistance
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis SSI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan bantuan multimedia interaktif berbasis gawai yang valid, praktis, dan efektif pada materi pencemaran lingkungan. Subjek pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis SSI pada gawai. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahapan, yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan tahap implementasi. Pada tahap pengembangan perangkat pembelajaran mengadaptasi model 4-D sedangkan pada tahap implementasi menggunakan rancangan uji coba One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi validasi untuk validitas perangkat pembelajaran, observasi untuk mengetahui keterlaksanaan RPP, tes untuk mendapatkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa, dan angket untuk respon siswa terhadap pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif sedangkan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis dengan statistik inferensial. Berdasarkan hasil validitas perangkat pembelajaran diperoleh bahwa silabus, RPP, MMI-SSI-GAWAI, LKPD, dan instrumen tes termasuk kategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP kelas VIIA1 dan kelas VIIA2 terlaksana dengan sangat baik. Keterbacaan MMI-SSI-Gawai dan LKPD pada kelas VIIA1 dan VIIA2 termasuk kategori sangat baik. Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari peningkatan hasil tes kamampuan berpikir kritis siswa kelas VIIA1 dan VIIA2 tergolong tinggi. Berdasarkan nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis siswa baik kelas VIIA1 maupun kelas VIIA2 bersifat signifikan. Nilai signifikansi N-gain kelas VIIA1 dan kelas VIIA2 bersifat konsisten. Respon siswa kelas VIIA1 dan VIIA2 terhadap pembelajaran temasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis SSI berbantuan media gawai yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.
This research aims to produce learning material based on Socio scientific Issues (SSI) on the gadget (MMI-SSI-GADGET) to improve the junior high school student’s critical thinking skills on the topics of enviromental pollution. The subject of this research is learning material based on Socio scientific Issues (SSI) on the gadget. The research was conducted in two stages. The first stage was the preparation, which was done to design the learning tools. While at the implementation stage using pre-test post-test design. The data collection techniques used in this study include validation for the validity of learning tools, observations to determine the implementation of lesson plans, tests to obtain students' critical thinking skills results, and questionnaires for student responses to learning process. The data analysis technique in this study used descriptive quantitative and qualitative, meanwhile the results of students' critical thinking skills were analyzed using inferential statistics. Based on the results of the validity of the learning tools, syllabus, RPP, MMI-SSI-Gawai, LKPD, and test istrument is in valid category. The practicality of learning tools in terms of the implementation of lesson plans for class VIIA1 and VIIA2 is in very good category. The readability of MMI-SSI-Gawai and LKPD in grades VIIA1 and VIIA2 is in the very good category. The effectiveness of learning devices in terms of increasing critical thinking ability test results for students in grades VIIA1 and VIIA2 is classified as high. Based on the significance value of paired t test students' critical thinking skills in both class VIIA1 and class VIIA2 was significant. The significance value of unpaired t test N-gain between class VIIA1 and class VIIA2 was consistent. The responses of class VIIA1 and VIIA2 students to learning are in the very good category. Based on the results of this study, it can be concluded that the SSI-based science learning device assisted by gadget media that was developed is valid, practical, and effective to use to improve the critical thinking skills of junior high school students.