Kelayakan Alat Evaluasi Berbasis Web Based terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Surabaya
Feasibility of a Web Based Evaluation Tool for Student Learning Outcomes at SMK Negeri 2 Surabaya
Miftahurrohmah. Kelayakan Alat Evaluasi Berbasis Web Based Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Surabaya, Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Munoto, M.Pd., dan (II) Prof. Dr. I Gusti Putu Asto Buditjahjanto, S.T., M.T.
Latar belakang penelitian ini adalah pada proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran masih secara manual sehingga kurang maksimal digunakan oleh guru untuk mengukur hasil belajar siswa. Sehingga alat evaluasi ini perlu dilakukan pengembangan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan alat evaluasi berbasis web based untuk menilai hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Surabaya berdasarkan validitas. (2) Mengetahui kelayakan alat evaluasi berbasis web based untuk menilai hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Surabaya berdasarkan efektifitas respon guru dan siswa. (3) Mengetahui kelayakan alat evaluasi berbasis web based untuk menilai hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Surabaya berdasarkan kepraktisan respon guru dan siswa. (4) Mengetahui Reliability alat evaluasi berbasis web based untuk menilai hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Develpoment (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri yang berjumlah 35 siswa. Teknik Analisa data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli evaluasi, angket respon siswa dan guru.
Hasil penelitian: (1) Alat evaluasi berbasis web based sangat layak untuk menilai hasil belajar siswa berdasarkan presentase validitas oleh ahli materi sebesar 95% dan validitas oleh ahli media sebesar 87,5%. (2) Alat evaluasi berbasis web based sangat layak untuk menilai hasil belajar siswa berdasarkan presentase penilaian efektifitas respon guru sebesar 87% dan respon siswa sebesar 82%. (3) Alat evaluasi berbasis Web Based sangat layak untuk menilai hasil belajar siswa berdasarkan presentase penilaian kepraktisan respon guru sebesar 87% dan respon siswa sebesar 83%. (4) Alat evaluasi berbasis web based memperoleh nilai Alpha Cronbach sebesar 0,62 artinya reliabilitas alat ukur termasuk kategori cukup, sedangkan nilai Person Reliability 0,62 dan Item Reliability 0,89 yang menunjukkan bahwa konsistensi jawaban dari siswa lemah, tetapi kualitas butir-butir soal dalam instrumen mempunyai aspek reliabilitas yang bagus.
Kata kunci: Efektifitas, Evaluasi, Hasil Belajar, Kepraktisan, Reliability, Validitas, Web Based.