ABSTRAK
Aminullah, Zaini. 2019. Nilai-Nilai Kesenian Suku Dayak Kelurahan Budaya Pampang Sebagai Sumber Belajar IPS Di SMPN 30 Samarinda. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Agus Suprijono, M. Si., dan (II) Prof. Dr. Sunarto, M. Sc.
Kata Kunci: Nilai Kesenian, Bahan Belajar, IPS
Penelitian ini bertujuan menganalisis kesenian suku Dayak untuk menemukan nilai-nilai yang fungsi pendagogis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Merujuk pada teori fungsionalisme Bronislaw Malinowski yang memiliki asumsi bahwa semua unsur kebudayaan bermanfaat bagi masyarakat dimana unsur itu berada. Menurut Malinowski fungsi dari satu unsur budaya adalah memenuhi beberapa kebutuhan dasar atau beberapa kebutuhan yang timbul dari kebutuhan dasar yaitu kebutuhan sekunder dari para warga suatu masyarakat.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau diwawancarai merupakan sumber data utama dan diperoleh dari lingkungan alamiah mereka. Data pendukung di dapat dari jurnal, buku, dan internet yang berhubungan dengan kesenian Suku Dayak. Pada tahap observasi peneliti menjadi “silent observer” agar perilaku alamiah subjek penelitian nampak jelas. Analisis data dilakukan dengan pengkategorian, pengklasifikasian sehingga memudahkan prosesd reduksi data, kemudian menafsirkan data, memverifikasi dan membuat simpulan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian berupa Kesenian suku Dayak mengandung nilai dan fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat, bagi kebudayaan, dan bagi dunia pendidikan dalam hal ini pendidikan IPS. Nilai dan fungsi yang dimaksud meliputi; nilai adat, nilai sejarah, nilai estetik, nilai etika, nilai religi, nilai ekonomi, sebagai identitas budaya, perekat hubungan sosial, penjaga stabilitas budaya, wadah norma sosial, dan sumber belajar dimana nilai-nilai tersebut relevan dengan tujuan pendidikan IPS sehingga dapat diintegrasikan ke dalam bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas 7 di SMPN 30 Samarinda.
ABSTRACT
Aminullah, Zaini. 2019. The values of Dayak Arts Village Culture Pampang as a source of Social Science Study in 30 Samarinda state junior middle school.Thesis, Education Social Science, Postgraduate of Surabaya State University. Advisor: (I) Dr. Agus Suprijono, M. Si., and (II) Prof. Dr. Sunarto, M. Sc.
Keywords: The Value Of The Arts, Learning Materials, Social Science
This research aims to analyze the Dayak arts to find values that the function pendagogis so that it can be used in social science learning. Refer functionalism Bronislaw Malinowski theory which has the assumption that all the elements of culture are beneficial to the community in which the element is located. According to Malinowski function of one element of a culture is the basic needs or fulfill some some of the needs that arise from basic needs i.e. secondary needs of the citizens of a society.
The method used is qualitative method by doing observation, interviews, and documentation. The words and actions of those who observed or interviewed the main data source, and is retrieved from their natural environment. Supporting data from journals, books, and internet related Dayak arts. On the observation stage researchers to be "silent observer" to the natural behavior of the subject appears to be clear. Data analysis was done with a designation of classification, making it easier for prosesd reduction data, interpret the data, then verify and make a summary of the results of the research.
Research results in the form of Dayak arts contains a value and a function that is useful for society, for culture, and for the world of education in this Social Science education. The value of the specified function and include; custom value, historical value, aesthetic value, the value of ethics, religious values, economic value, as a cultural identity, social relationships, keeper of adhesive stability culture, social norms, containers and learning resources where those values are relevant to the purpose of Social Science education so that it can be integrated into the materials used in the study of Social Science 7th grade in 30 Samarinda state junior middle school.