HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK TULISAN TANGAN DENGAN PERILAKU PADA SISWA KELAS X SMKN 10 SURABAYA
THE RELATIONSHIP BETWEEN HANDWRITING CHARACTERISTICS AND BEHAVIOR IN CLASS X STUDENTS OF SMKN 10 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hubungan antara karakteristik tulisan tangan dengan perilaku pada siswa kelas X SMKN 10 Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif karena data dalam penelitian ini didapatkan dengan mengumpulkan tulisan tangan siswa, serta disajikan dengan kajian teori yang dikemukakan oleh pakar grafologi bernama Jean Hyppolyte Michon. Tulisan tangan siswa kelas X SMKN 10 Surabaya menjadi sumber data dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik simak libat cakap dan dilanjutkan dengan teknik pancing serta teknik cakap semuka. Teknik analisis data yang digunakan dalam menyajikan penelitian ini adalah teknik padan ekstralingual karena unsur yang dihubungkan berada di luar bahasa yakni grafologi. Teknik ini bertujuan untuk menemukan perbedaan dan persamaan karakteristik tulisan tangan dengan perilaku siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kemiringan dan ukuran tulisan tangan yang beragam serta memiliki hubungan sangat baik terhadap perilaku siswa. Penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan seorang guru dalam mengasah intuisinya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif.
Kata Kunci: siswa, grafologi, perilaku.
This study aims to find the relationship between handwriting characteristics and behavior in class X SMKN 10 Surabaya. The method used is descriptive qualitative method because the data in this study were obtained by collecting students' handwriting, and presented with a theoretical study proposed by a graphologist named Jean Hyppolyte Michon. The handwriting of class X students of SMKN 10 Surabaya is the source of data in this study. Data was collected using the methods of observation, interviews, and documentation. Then use the listening-engagement technique and continue with the fishing rod technique and face-to-face conversation technique. The data analysis technique used in presenting this research is the extralingual equivalent technique because the elements that are connected are outside the language, namely graphology. This technique aims to find differences and similarities between the characteristics of handwriting and student behavior. Based on the results of the study, it was found that the slope and size of the handwriting varied and had a very good relationship with student behavior. This research can be used as a reference for a teacher in honing his intuition to create an effective learning atmosphere.
Keywords: students, graphology, behavior.