PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMAN 1 WARU
THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING TYPE NHT TO TRAIN METACOGNITIVE SKILLS ON ACID-BASE MATTER FOR THE ELEVENTH GRADE OF SMAN 1 WARU
Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT, aktivitas peserta didik, dan melatihkan keterampilan metakognitif pada materi asam basa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu One Group Pre-test Post-test pada kelas XI MIA 6 SMAN 1 Waru sebanyak 36 peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan : 1) Nilai keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tiap-tiap fase berturut-turut sebesar 4,00; 3,33; 4,00; 3,89; 3,93; dan 3,85 pada pertemuan pertama, pada pertemuan 2 berturut-turut sebesar 4,00; 3,56; 4,00; 4,00; 4,00; dan 4,00, pada pertemuan 3 berturut-turut sebesar 4,00; 4,00; 4,00; 4,00; 4,00; dan 3,70, dengan kategori sangat baik. 2) Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1, 2, dan 3 yang memiliki persentase lebih besar adalah peserta didik saat melakukan percobaan (monitoring skills) yang mempunyai persentase rata-rata sebesar 23,90%, 17,40%, dan 18,30% dibanding dengan aktivitas peserta didik yang lainnya. 3) Keterampilan metakognitif mengalami peningkatan yang baik memperoleh N-gain sebesar 80,56% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT dapat melatihkan keterampilan metakognitif pada materi asam basa meningkat secara baik.
Kata kunci: NHT, keterlaksanaan, aktivitas, keterampilan metakognitif.
This study aims to describe the implementation of learning models with NHT type cooperative models, student activities, and practice the metacognitive skills on acid-base material. The design used in the study is One Group Pre-Test Post-test in class XI MIA 6 SMAN 1 Waru as many 36 students. The results of the research that have done show: 1) The value of the implementation of the NHT type of cooperative learning model in each successive phase is 4.00; 3.33; 4.00; 3.89; 3.93; and 3.85 at the first meeting, at the 2nd meeting in a row at 4.00; 3.56; 4.00; 4.00; 4.00; and 4.00, at the 3rd meeting in a row at 4.00; 4.00; 4.00; 4.00; 4.00; and 3.70, with a perfect category. 2) Student activities at meetings 1, 2, and 3 that have a Higher percentage are students when conducting experiments (monitoring skills), which have an average rate of 23.90%, 17.40%, and 18.30% compared to the activities of other students. 3) Metacognitive skills had a good increase in N-gain of 80.56% with a high category. Based on results of the study, it could be concluded that the implementiton of NHT type cooperative model can practice metacognitive skills on acid-base material to increase correctly.
Keywords: NHT, Feasibility, Activity, Metacognitive skills.