PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI PONDASI TELAPAK DI SMKN 2 SURABAYA
APPLICATION OF AUGMENTED REALITY-BASED LEARNING MEDIA ON FOOT PLATE SECTION AT SMK NEGERI 2 SURABAYA
Dengan berkembangnya IPTEK tepatnya augmented reality (AR), telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kebosanan dengan pembelajaran konvensional dengan papan tulis di kelas sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran baru yang mampu menjadi solusi dalam kendala yang terjadi pada proses kegiatan pembelajaran. Dengan latarbelakang tersebut kemudian dirancang sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis augmented reality. Penelitian ini antara lain bertujuan untuk mengetahui hasil uji kelayakan media pembelajaran berbasis augmented reality, mengetahui pengaruh hasil belajar dan respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan Gedung (KD 3.8).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dengan jenis desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Area atau lokasi yang dipilih untuk mendapatkan data yang diinginkan yakni di Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan subjek tersebut, maka populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya yang terdiri dari 36 peserta didik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 86,36% dengan kategori sangat layak. (2) Hasil pretest mendapatkan nilai rata-rata 58,33 dan meningkat dengan cukup efektif sebesar 57% menjadi 81,81 saat dilakukan posttest, hal ini dapat diartikan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi pondasi telapak di SMK Negeri 2 Surabaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Hasil respon angket peserta didik memperoleh nilai persentase sebesar 91,22% dengan kategori sangat baik.
With the development of science and technology, precisely augmented reality (AR), has brought major changes in the world of education. This research is motivated by the large number of students who experience boredom with conventional learning with a whiteboard in class so that a new learning media is needed that can be a solution to the obstacles that occur in the process of learning activities. With this background, an augmented reality-based learning media application was designed. This study, among others, aims to determine the results of the feasibility test of augmented reality-based learning media, determine the influence of learning outcomes and student responses after using augmented reality-based learning media in Building Construction subjects (KD 3.8).
This research is a quantitative research with the Pre-Experimental Design method with the type of One-Group Pretest-Posttest Design research design. The area or location chosen to get the desired data is in the Competency of Building Construction, Sanitation and Maintenance Expertise of SMK Negeri 2 Surabaya. This research was carried out in the first semester of the 2023/2024 academic year. The subjects of this study were students of class XII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya. Determination of the subjects of this study using Purposive Sampling technique. Based on these subjects, the population in this study is all students of class XII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya consisting of 36 students.
The results of this study are as follows. (1) The results of the feasibility test of learning media by media experts obtained a percentage value of 86.36% with a very feasible category. (2) The pretest results get an average score of 58.33 and increase quite effectively by 57% to 81.81 when conducted posttest, this can be interpreted that augmented reality-based learning media on foot plate material at SMK Negeri 2 Surabaya has a significant effect on student learning outcomes. (3) The results of the students' questionnaire responses obtained a percentage value of 91.22% with a very good category.