HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN FISIK DENGAN PERFORMA AKADEMIK SISWA
THE CORRELATION BETWEEN PHYSICAL ABILITY WITH ACADEMY PERFORMANCE OF STUDENTS
Tujuan dalam penelitian ini adalah memberikan informasi tentang hubungan kemampuan fisik dengan performa kademik siswa sekolah dasar usia 9-12 tahun di Kota kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data test dan pengukuran menggunakan panduan buku Tes dan pengkuran yang dikeluarkan oleh kementrian pemuda dan olahragadan nilai performa akademik dari rapot. Teknik analisa data menggunakan rumus korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes vertical jump memiliki nilai 0,0026 sehingga memiliki korelasi yang searah, tes sprint memiliki nilai -0,065 sehingga bisa dikatakan tidak memiliki korelasi yang tidak searah, tes ruller drop test memiliki nilai -0,013 sehingga bisa dikatakan memiliki korelasi yang tidak searah, tes hand wal tos test memiliki nilai 0,009 sehingga bisa dikatakan memiliki korelasi yang searah, tes zig zag run memiliki nilai -0.062 sehingga bisa dikatakan memiliki korelasi yang tidak searah, tes pacer memiliki nilai -0,008 sehingga bisa dikatakan memiliki korelasi yang tidak searah. Kesimpulan studi ini menyatakan bahwa test vertical jump dan test hand wall tost memiliki pengaruh sehingga dapat diartikan bahwa ketika hasil nilai dari vertical jump dan Hand Wall Tos Test meningkat maka akan secara bersama – sama nilai performa akademik siswa juga akan meningkat. Keterbatasan penelitian ini terletak pada item test yang digunakan masih baru sehingga terbatas untuk mencari referensi yang serupa.
Kata kunci Test kemampuan Fisik, Performa Akademik, Siswa Sekolah Dasar
The purpose of this study was to provide information about the relationship between physical abilities and academic performance of elementary school students aged 9-12 years in Kota Kediri. This study uses a quantitative approach, descriptive research type, test and measurement data collection techniques using Test and measurement book guidelines issued by the ministry of youth and sports and academic performance scores from report cards. The data analysis technique uses the correlation formula. The results showed that the vertical jump test had a value of 0.0026 so that it had a unidirectional correlation, the sprint test had a value of -0.065 so it could be said to have no unidirectional correlation, the ruller drop test had a value of -0.013 so it could be said to have an unidirectional correlation, the hand wal tos test had a value of 0.009 so it could be said to have a unidirectional correlation, the zig zag run test had a value of -0.062 so it could be said to have an unidirectional correlation, the pacer test had a value of -0.008 so it could be said to have an unidirectional correlation. The conclusion of this study states that the vertical jump test and the hand wall tost test have an influence so that it can be interpreted that when the results of the vertical jump and Hand Wall Tos Test scores increase, the students' academic performance scores will also increase together. The limitation of this study lies in the test items used are still new so it is limited to find similar references.
Keyword Physical ability test, Academic Performance, Primary School Students