REPRESENTASI RAMBUT INDAH PADA IKLAN SHAMPOO PANTENE DI INSTAGRAM @PANTENE_DEU
THE RESEARCH AIMS TO REPRESENT BEAUTIFUL HAIR BASED ON PANTENE SHAMPOO ADVERTISEMENTS IN @PANTENE_DEU.
Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan rambut indah berdasarkan iklan shampoo Pantene yang dipublikasikan pada Instagram resmi Pantene Deutschland. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Semiotika milik Roland Barthes untuk mengungkapkan makna denotatif dan makna konotatif terkait rambut indah yang ditawarkan oleh Pantene. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat dalam iklan Pantene yang merujuk pada konsep rambut indah. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada iklan Pantene ditemukan bahwa representasi rambut indah adalah rambut yang sehat dan terawat yang nantinya dapat menjadikan seseorang lebih percaya diri, membuat psikologis menjadi lebih baik, dan merasa lebih menarik.
Kata kunci : representasi rambut indah, ikan Pantene, semiotika, Roland Barthes.
Pantene shampoo advertisenent published on Pantene’s Deutschland official Instagram account. The research method used in this research in qualitative research method. This research uses Roland Barthe’s Semiotics theory to reveal the denotatif meaning and connotative meaning that related to beautiful hair offered by Pantene. The data in this research are in the form of word, phrases, setences in Pantene advertisments that refer to the concept of beautiful hair. Based on the analysisi that has been carried out on Pantene advertisements, it is found that the representation of beuty hair is healthy and well-groomed hair which later can make person more confident, make pshychological better, and feel more attractive.
Keyword : representation of beautiful hair, Pantene Advertisement, Semiotics, Roland Barthes.