Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis 1) bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi (hidden curriculum); 2) pelaksanaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum); dan 3) peran kurikulum tersembunyi (hidden curriculum). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian melalui tiga tahap yaitu: 1) kondensasi; 2) penyajian data; dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data penelitian melalui uji kredibilitas (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), membercheck, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, meliputi penerapkan atau menanamkan kebiasaan 5s, hizbul wathon (pramuka), tapak suci, kegiatan keputrian, praktek tema, dan kegiatan ceramah. 2) pelaksanakaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, yaitu di dalam kelas dan di luar kelas; 3) Peran kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, yaitu untuk membentuk karakter peserta didik lebih islami dan religus sebagai penerus bangsa terutama dari perguruan muhammadiyah serta terbentuk ilmu duniawi dan ilmu akhirat, untuk membekali peserta didik dalam pengembangan fondasi karakter untuk masa yang akan datang. Jadi, hidden curriculum di MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan pendidikan karakter peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi, Karakter, Hidden Curriculum
The purpose of this study is to describe and analyze 1) the forms of hidden curriculum (hidden curriculum); 2) implementation of hidden curriculum (hidden curriculum); and 3) the role of hidden curriculum. This study uses descriptive qualitative methods. Sources of research data from the Principal, Deputy Principal in the Curriculum field, Deputy Principal of Student Affairs MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Collecting data through observation, interviews, and documentation. While the technique of analyzing research data through three stages, namely: 1) condensation; 2) data presentation; and data verification. Check the validity of research data through credibility testing (source triangulation and technical triangulation), member check, transferbility test, dependability test, and confirmability test. The results of the study show that: 1) hidden curriculum forms in student character education, including applying or instilling habits 5s, hizbul wathon (scouts), holy sites, keputrian activities, theme practices, and lecture activities. 2) implementation of hidden curriculum in character education of students, namely in the classroom and outside the classroom; 3) The role of hidden curriculum in student character education, namely to shape the character of students more Islamic and religiously as the nation's successors, especially from the Muhammadiyah college and to form worldly knowledge and the hereafter, to equip students in developing the character foundation for the future which will come. So, the hidden curriculum at MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri has an important role in shaping and developing the character education of students.
Keywords: Implementation, Character, Hidden Curriculum