ABSTRAK
Pengembangan
Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran
Administrasi Kepegawaian Kelas XII Semester Gasal di SMK Negeri 2 Tuban
Nama
:
Amay
Liana Rizki
NIM
:
15080314067
Program
Studi
:
S1
Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan
:
Pendidikan
Ekonomi
Fakultas
:
Ekonomi
Lembaga
:
Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing
:
Meylia
Elizabeth Ranu, S.Pd., M.SM.
Penelitian
pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD) berbasis kontekstual yang telah dikembangkan pada mata pelajaran
Administrasi Kepegawaian kelas XII semester gasal di SMK Negeri 2 Tuban, (2)
mengetahui kelayakan LKPD berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli
grafik, dan ahli bahasa, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang
telah dikembangkan.
Model
pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4D yang diadaptasi dari
Thiagarajan, dkk., (1974) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun tahap penyebaran (disseminate) dalam penelitian ini tidak
dilakukan karena keterbatasan waktu. Untuk sampai pada tahap penyebaran (disseminate) , peneliti harus melakukan
eksperimen terlebih dahulu. Penelitian ini dilakukan pada 20 peserta didik
kelas XII APK 4 di SMK Negeri 2 Tuban.
LKPD
berbasis kontekstual yang telah dikembangkan sesuai dengan silabus kurikulum
2013 edisi revisi 2017. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan 81.3% diperoleh
berdasarkan penilaian ahli materi, 100% diperoleh berdasarkan penilaian ahli
grafik, dan 78.6% diperoleh berdasarkan penilaian ahli bahasa. Rata-rata skor
keseluruhan sebesar 86.6% dengan interpretasi sangat kuat. Berdasarkan
persentase kelayakan, maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta
Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian
kelas XII semester gasal di SMK Negeri 2 Tuban dinyatakan layak digunakan
sebagai bahan ajar. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta
didik kelas XII APK 4 melalui pengisian lembar angket memperoleh persentase
sebesar 90.1% dengan interpretasi sangat kuat.
Kata Kunci: Lembar
Kegiatan Peserta Didik (LKPD), pendekatan kontekstual, model pengembangan 4D.