PERANCANGAN UI/UX DIGITAL INNOVATION SUSTAINABLE TOURISM MOBILE APPS DESA KEMIREN BANYUWANGI
UI/UX Design of Digital Innovation Sustainable Tourism Mobile Apps for Kemiren Village, Banyuwangi
Sejak pemerintah mencabut pembatasan perjalanan karena pandemi COVID-19, minat masyarakat untuk berwisata meningkat secara signifikan. Terdapat banyak tempat wisata di Indonesia yang masih belum terkenal di kalangan masyarakat umum karena memerlukan penawaran yang lebih menarik dan informasi yang lebih terperinci dan tepat. Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia yang memiliki banyak potensi namun masih kurang dalam pengembangan digital marketing karena website kurang menarik dan kurangnya fitur yang dibutuhkan pengguna. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pemasaran yang lebih efektif dan terorganisir untuk meningkatkan daya tarik wisatawan dan peningkatan penjualan produk UMKM. Penulis merekomendasikan desain prototipe user interface dan user experience mobile apps Kemiren dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode design thinking dan analisis swot sebagai acuan pembuatn prototipe. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan antarmuka pengguna yang lebih menarik serta fungsional yang disajikan dalam sebuah aplikasi mobile Kemiren Village. Perancangan ini memiliki arah untuk mempromosikan Desa Kemiren sebagai tujuan wisata, destinasi kuliner, branding produk lokal, dan aktivitas kebudayaan lokal Desa Kemiren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif terhadap pengembangan inovasi digital dalam pariwisata berkelanjutan berbasis desa
Public interest in tourism has increased significantly since the government lifted travel restrictions due to the COVID-19 pandemic. There are still many tourist destinations in Indonesia that remain unknown to the general public due to the need for better promotion and more accurate and comprehensive information. Kemiren village in Banyuwangi is one of many tourist destinations In Indonesia, there are many potential destinations that have yet to fully leverage digital marketing due to unappealing websites and a lack of user-required features. Therefore, more effective and organized marketing media should be developed to increase tourist attraction and increase local production The author provides a recommendation for the design of the Kemiren mobile app's user interface and user experience prototype, aiming to enhance user comfort. In this study, researchers used design thinking techniques and SWOT analysis as a reference for prototyping. The purpose of the research is to implement a more attractive and functional user interface displayed in the Mobile Village application. The design aims to promote Kemiren as a tourist destination, gastronomy, branding of local products and local cultural activities in Kemiren Village. Studies show that this is having a positive impact on the development of digital innovation in sustainable tourism