THE IMPACT OF CHAT GPT TO ENHANCE WRITING SKILLS IN DESCRIPTIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: A QUASI-EXPERIMENTAL APPROACH
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan Chat GPT sebagai media pembelajaran dalam pengajaran teks deskriptif mempunyai dampak yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental yang dilaksanakan pada siswa kelas VII VII-C dan VII-D salah satu SMP Negeri di Sampang pada Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan jumlah partisipan sebanyak 68 siswa. Tes merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini; ada dua jenis tes yaitu pre-test dan post-test. Tes tertulis dengan soal esai dibagikan untuk mengumpulkan data. Data pre-test dan post-test ditentukan menggunakan statistik inferensial dengan uji-t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan skor rata-rata post-test (M=76.24) meningkat lebih baik dibandingkan kelompok kontrol (M=69.50) Selain itu, nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.009 (Sig. 2-tailed < 0.05) dari uji-t sampel independen mengungkapkan bahwa skor post-test berbeda secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulannya, penggunaan Chat GPT sebagai media pembelajaran memberikan dampak positif terhadap proses keterampilan menulis teks deskriptif.
Kata Kunci: Chat GPT, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi
This study aims to examiner whether the use of Chat GPT as learning media in teaching descriptive text had any significant impact on Junior High School students writing skills. This study applies a quasi-experimental approach which had been carried out at seventh grades VII-C and VII-D at one of State Junior High School in Sampang in the Academic 2023/2024, and the participants are 68 students. Testing is the instrument used in this study; there are two types of tests: pre-test and post-test. Writing test with essay questions was distributed to gather data. The pre-test and post-test data was determined using inferential statistic by an independent sample t-test. The study results show that the experimental group by post-test mean score (M=76.24) improved better than control group (M=69.50) Moreover, the significance 2-tailed value of 0.009 (Sig. 2tailed < 0.05) from the independent sample t-test revealed that post-test scores differed significantly between the experimental and control groups. In conclusion, the use of Chat GPT as learning media has positive impact on the process of writing skills in descriptive text.
Keywords: Chat GPT, Writing Skills, Descriptive Text.