ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING DEMAND FOR PURCHASE OF STUDENTS SKINCARE PRODUCTS STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
Pada riset ini merupakan riset yang digunakan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap minat pembelian produk kosmetik (skincare). Dalam riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penentu konsumen terutama di kalangan mahasiswa dalam membeli produk skincare, sehingga nantinya dapat dijadikan acuan oleh produsen untuk memenuhi hal yang diminati konsumen dalam membeli produk kosmetik skincare. Variabel independent sebagai penganalisis yang digunakan dalam riset ini yakni, harga, kualitas produk, dan pengetahuan produk, sedangkan variabel dependennya adalah minat pembelian. Di riset ini menggunakan sampel mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposive dan pengumpulan data dilakukan secara online dengan menyebarkan kuesioner. Metode statistik yang digunakan dalam riset ini adalah analisis regresi logistik. Pada riset ini yang dihasilkan adalah Sebagian dari variabel bebas yaitu variabel kualitas produk dan variabel pengetahuan produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian kosmetik skincare, dan Sebagian dari variabel bebas yakni variabel harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian kosmetik skincare. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh paling kuat dan mendominasi dalam riset ini adalah variabel pengetahuan produk.
In this research, research is used to analyze the factors that influence the demand for buying interest in cosmetic products (skincare). In this research, the aim is to find out what factors determine consumers, especially among students in buying skincare products, so that later they can be used as a reference by manufacturers to meet what consumers are interested in buying skincare cosmetic products. The independent variables as analyzers used in this research are price, product quality, and product knowledge, while the dependent variable is purchase intention. This research uses a sample of students from the Faculty of Economics and Business, State University of Surabaya. Sampling used purposive sampling method and data collection was done online by distributing questionnaires. The statistical method used in this research is logistic regression analysis. In this research, the result is that some of the independent variables, namely the product quality variable and the product knowledge variable, have a significant influence on the interest in purchasing skincare cosmetics, and some of the independent variables, namely the price variable, do not have a significant influence on the interest in purchasing skincare cosmetics. Meanwhile, the variable that has the strongest and most dominant influence in this research is the product knowledge variable.