Witdanarko,
Fajar. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis SAC (Smart
Apps Creator ) dalam Pembelajaran Diferensiasi untuk Meningkatkan Hasil
Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis
Materi Volume Bangun Ruang pada Siswa SD. Tesis. Program Studi Pendidikan
Dasar. Unversitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wiryanto,
M.Si. , (2) Neni Mariana,
S.Pd., M.Sc., Ph.D.
Kata
Kunci : Media pembelajaran berbasis SAC, pembelajaran diferensiasi, hasil
belajar, kemampuan berpikir kritis, volume bangun ruang, kubus dan balok
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Smart Apps
Creator (SAC) dalam pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan hasil
belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi volume bangun
ruang kubus dan balok. Hasil media pembelajaran dapat diakses melalui link
berikut ini: https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/page/vilab-matematika . Penelitian
ini menggunakan metode Research &
Development (R & D) dengan
model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis , Design , Development ,
Implementation , dan Evaluation . Media pembelajaran ini dirancang untuk mendukung pembelajaran berbasis
teknologi yang interaktif, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan serta gaya
belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis
SAC mendapatkan penilaian valid dari para ahli, dengan skor validitas sebesar
88% untuk aspek media dan 74% untuk aspek materi. Respon guru dan siswa
terhadap media ini sangat positif, dengan tingkat persentase sebesar 90% untuk
guru sedangkan siswa persentasenya 89%. Implementasi di kelas menunjukkan
peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai posttest sebesar 70,83%,
dibandingkan nilai pretest sebesar 19,44%. Analisis N-Gain menunjukkan
efektivitas media dalam kategori sedang (0,6495). Kemampuan berpikir kritis
siswa juga mengalami peningkatan pada level C4 meningkat menjadi 62,50%, C5
meningkat menjadi 37,50%, dan C6 meningkat menjadi 25,00%. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis SAC efektif dalam mendukung
pembelajaran diferensiasi, meningkatkan hasil belajar, dan kemampuan berpikir
kritis siswa. Media ini layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran
matematika di sekolah dasar.