Ketercapaian tujuan dari pembelajaran sangat diinginkan oleh seluruh lembaga sekolah. Salah satunya yang ingin dicapai yaitu siswa mampu memahami materi yang telah diajarkan. Namun, beberapa siswa yang telah menerima pembelajaran kebanyakan dari mereka tidak ingat dengan apa yang telah mereka pelajari pada saat pembelajaran di kelas. Sehingga siswa membutuhkan sebuat media yang dapat digunakan untuk belajara secara mandiri di luar pembelajaran yang media tersebut dapat berupa buku bacaan. Sampai sekarang ini sudah banyak sekali buku bacaan untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, mulai dari buku yang diberikan oleh pemerintah (buku tematik, buku LKS, dan lainnya) hingga buku dari sekolah itu sendiri (handout mata pelajaran matematika, buku paket BSE, dan lainnya). Salah satu contohnya modul aktivitas semaphore yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk pelajaran matematika materi jenis-jenis sudut. Materi tersebut di kebanyakan siswa dapat menyulitkan karena membutuhkan pemahaman yang lebih untuk mempelajari materi tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan modul aktivitas semaphore materi jenis-jenis sudut.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan yang telah dikembangkan melalui tahap pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall dalam Sugiyono yang dilaksanakan sampai tahap kesembilan (potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk). Hasil akhir dari penelitian tersebut yaitu sebuah modul bacaan yang dapat digunakan untuk belajar memahami materi jenis-jenis sudut secara mandiri atau tanpa bantuan pendidik dan orang lain yang dapat digunakan oleh masing-masing peserta didik.
Modul aktivitas semaphore untuk materi jenis-jenis sudut pada siswa kelas III Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan layak digunakan untuk belajar secara mandiri tanpa bantuan pendidik ataupun orang lain. Hasil kelayakan dan validnya modul dibuktikan dengan skor persentase dari validasi para ahli, uji skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil tersebut yaitu ahli materi (layak), ahli media (layak), uji skala kecil (layak dengan sedikit revisi), angket pendapat guru kelas (layak), uji skala besar kelas 3A (layak) dan kelas 3B (layak), dan hasil ketuntasan kelas 3A dan kelas 3B dengan kategori “siswa sangat memahami” materi jenis-jenis sudut dengan membaca modul aktivitas semaphore.
Kata kunci : pengembangan, modul, semaphore, sudut.
Achievement of the objectives of learning is highly desired by all school institutions. One of them wants to be achieved is that students are able to understand the material that has been taught. However, some students who have received learning most of them do not remember what they learned during class learning. So that students need a medium that can be used to learn independently outside the learning that the media can be in the form of reading books. Until now there have been a lot of reading books to help students understand the subject matter, starting from books given by the government (thematic books, LKS books, etc.) to books from the school itself (mathematics handouts, BSE package books, and others). One example is the semaphore activity module which can be used as an alternative to material learning in the types of angles. The material in most students can be difficult because it requires more understanding to study the material. Therefore, this study aims to produce semaphore activity modules for angular type material.
This research is included in development research that has been developed through the development stage using the Borg & Gall model in Sugiyono which was carried out until the ninth stage (potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, trial usage, and product revision). The final result of the research is a reading module that can be used to learn to understand the material types of angles independently or without the help of educators and others that can be used by each student.
The semaphore activity module for angular type material in grade 3 elementary school students has been declared valid and feasible to be used to study independently without the help of educators or other people. The results of the feasibility and validity of the module are proven by the percentage score of expert validation, small-scale testing and large-scale trials. These results are material experts (feasible), media experts (feasible), small scale tests (feasible with a little revision), questionnaire teacher opinion (feasible), large-scale test classes 3A (feasible) and class 3B (feasible), and the results of completeness class 3A and class 3B with the category of students very understanding the material types of angles by reading the semaphore activity module.
Keywords: development, module, semaphore, angle.