TERAPI TOKEN EKONOMI DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER
ECONOMIC TOKEN THERAPY TO MINIMIZE AGGRESSIVE BEHAVIOR IN
CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terapi token ekonomi dalam meminimalisir perilaku agresif pada anak ASD dan penerapan token ekonomi. Metode penelitian yang digunakan literatur riview dengan mengumpulkan 10 artikel dari jurnal nasional maupun internasional yang berkaitan dengan mengakses database melalui, Academia.edu, Garuda, Science Direct, Crossref Metadata, maupun Google Scholar. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan ketika anak memunculkan perilaku agresif berupa memukul, mecubit, tangan anak akan digenggam dan diberikan pemahaman bahwa perilaku tersebut tidak boleh di lakukan, token berupa stiker akan diberikan kepada anak jika tidak menunjukkan perilaku agresif selama waktu yang di tentukan. Token tersebut di kumpulkan sesuai dengan tujuan pencapaian minimalisir perilaku agresif yang telah tergantikan dengan reward yang disukai anak ASD. Simpulan kajian ini terapi token ekonomi dapat meminimalisir perilaku agresif pada anak ASD mengalami penurunan, ditunjukkan dari beberapa penelitian yang sudah diterapkan bahwa terapi token ekonomi dapat meminimalisir perilaku agresif pada anak ASD.
This study aims to examine token economy therapy in minimizing aggressive behavior in ASD children and the application of token economy. The research method used was literature review by collecting 10 articles from national and international journals related to accessing the database through Academia.edu, Garuda, Science Direct, Crossref Metadata, and Google Scholar. The data analysis technique used a qualitative descriptive approach by reducing data and presenting data to draw conclusions. The results of the study show that when children display aggressive behavior in the form of hitting or pinching, the child's hand will be grasped and given an understanding that this behavior should not be done. A token in the form of a sticker will be given to the child if he does not show aggressive behavior during the specified time. The tokens are collected in accordance with the goal of achieving the minimization of aggressive behavior, which has been replaced with rewards that ASD children like. The conclusion of this study is that token economy therapy can minimize aggressive behavior in ASD children. It is shown from several studies that have been applied that token economy therapy can minimize aggressive behavior in ASD children