PHO’S MOVE-ANALYSIS ON UNDERGRADUATE STUDENTS’ RESEARCH ARTICLES
Gagasan tertulis yang diungkapkan dalam artikel penelitian dengan menggunakan bahasa asing membutuhkan tanggung jawab yang beragam bagi mahasiswa Indonesia. Akibatnya, akademisi Indonesia mengalami kesulitan dalam menyusun artikel penelitian bahasa Inggris. Dengan demikian, memberikan pengetahuan tentang gerakan retoris menjadi pertimbangan untuk penyelesaian bahasa Inggris ilmiah telah didistribusikan dengan masalah retoris.. Swales memelopori CARS dengan tiga move, dan kemudian diikuti oleh Pho yang menyebutkan sembilan belas move dan tujuh belas step dalam menginformasikan teks lengkap pada artikel penelitian dengan menggunakan AIMRD.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis move dan step artikel penelitian mahasiswa perguruan tinggi. Artikel penelitian melibatkan tiga disiplin ilmu - Pendidikan Bahasa Inggris, Linguistik Terapan, Sastra Terapan. Analisis tersebut mencakup hal move dan step yang dimanifestasikan dalam bagian menyeluruh artikel penelitian.
Penelitian ini bersifat kualitatif yang menggunakan moves dan steps dari Pho (2013) sebagai parameter. Data yang dianalisis terdiri dari dua puluh dua artikel yang meliputi sembilan artikel tentang Pendidikan Bahasa Inggris, tujuh artikel tentang Linguistik Terapan, dan enam artikel tentang Sastra Terapan. Artikel-artikel tersebut dikumpulkan sebagai salah satu persyaratan dalam mendaftar yudisium sehingga diarsipkan oleh program studi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Tabel move-analysis merupakan instrumen penelitian yang digunakan dengan kode yang berbeda dalam mengklasifikasikan dan menganalisis tiga kelompok artikel. Tabel tersebut diautentikasi melalui triangulasi penyidik.
Move dan step yang digunakan melibatkan lima move dalam abstrak, tiga move dengan sembilan step dalam pendahuluan, dua move dengan enam step dalam metode, empat move dengan enam step dalam hasil, dan enam move dengan sebelas step di bagian diskusi-kesimpulan. Dengan mengacu pada move oleh Pho dalam menulis artikel penelitian, RAA mahasiswa sarjana dianggap sangat baik, RAI mahasiswa sarjana dianggap buruk, RAM mahasiswa sarjana dianggap baik, RAR mahasiswa sarjana dianggap buruk, RAD mahasiswa sarjana dianggap buruk.
Menempatkan dan memperluas move bersama dengan step dalam menyusun artikel penelitian dipengaruhi oleh pola pikir dan kecenderungan mahasiswa sarjana. Bagian penulisan artikel penelitian dalam disiplin Ilmu Pengajaran Bahasa Inggris, Linguistik Terapan, dan Sastra Terapan yang dikembangkan oleh mahasiswa sarjana dapat dijadikan pertimbangan dalam merevisi panduan institusi serta refleksi dalam menyusun artikel penelitian untuk disiplin ilmu lain. Temuan penelitian ini memediasi pemikiran kritis mahasiswa dan keterampilan argumentasi yang tak terduga dengan ketersediaan apakah manifestasi yang dapat diterima atau tidak sesuai dari langkah retoris. Kontribusi utama dari hasil penelitian ini dimaksudkan untuk meringankan penulis, khususnya mahasiswa pemula dalam menghasilkan artikel penelitian dengan sukses, bahkan bagi mereka yang berniat untuk menerbitkan artikel di jurnal yang sangat bereputasi.
Written ideas expressed in the research article using foreign language need multifarious responsibilities for Indonesian students. Consequently, Indonesian academics have difficulties in composing English research articles. Thus, providing knowledge on rhetorical moves has been considered for settlements of scientific English have distributed with rhetorical problem. Swales pioneered CARS with three moves, followed by Pho who mentions twenty-one moves and forty-one steps in informing complete text on a research article by using AIMRD.
This study analyzes the moves and steps of undergraduate students’ research articles. The research articles involve three disciplines—English Education, Applied Linguistics, and Applied Literature. The analysis was in terms of the moves and steps manifested in the complete sections of research article.
This present study is qualitative, using Pho’s (2013) moves and steps as parameter. The data analyzed consists of twenty-two research articles, including nine articles on English Education, seven on Applied Linguistics, and six on Applied Literature. The articles were submitted as one of the requirements in registering for the inauguration that they are archived by the study program of the English Education Department. Tables of move-analysis were prepared as the research instrument with different codes for classifying and analyzing three groups of articles. The Tables were authenticated through investigator triangulation.
The employed moves and steps involve five moves in the abstract, three moves with nine steps in the introduction, two moves with six steps in the method, four moves with six steps in the result, and six moves with eleven steps in the discussion-conclusion section. By referring to Pho’s moves and steps in writing research article, undergraduate students’ RAAs were considered as very good, undergraduate students’ RAIs were considered as poor, undergraduate students’ RAMs were considered as good, undergraduate students’ RARs were considered as poor, undergraduate students’ RAD were considered as poor.
Placing and extending moves along with steps in composing research articles is inflicted by the thought patterns and the tendency of undergraduate students. Writing sections of research articles in the discipline of English Teaching, Applied Linguistics, and Applied Literature developed by undergraduate students could be used as consideration in revising institution guides as well as reflection in composing research articles for other disciplines. The finding of this study mediates both students’ critical thinking and unfathomable argumentation skills by the availability whether acceptable or unsuitable manifestation of the rhetorical move. The main contribution of this research result is meant to alleviate writers, particularly novice learners in generating research articles successfully, even for those who intend to publish articles in the highly regarded journal.