ABSTRAK
Indang Mustiko Rini . 2020. Pengembangan
Perangkat IPA Daring Model Science Environment Technology a nd
Society (SETS) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Wahono Widodo,
M.Si., dan (II) Dr.Widowati Budijastuti, M.Si.
Kata Kunci : perangkatIPA, pembelajaran
model Science Environment Technology and Society (SETS) , berpikir kritis.
Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan perangkat IPA yang valid, praktis, dan efektif
untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV semester II tahun
pelajaran 2019/2020 di SDN Tanah Kalikedinding 1/251 Surabaya. Penelitian pengembangan
perangkat ini menggunakan desain Borg and Gall dengan ujicoba One-Group
Pretest-Posttest Design . Pengumpulan data menggunakan metode validasi, wawancara, angket,
observasi, tes, dan dokumentasi. Subyek penelitian pengembangan adalah siswa
kelas IV-B dan IV-C sebanyak 40 siswa.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) validitas perangkat yang dinilai oleh dua orang
validator ahli pada komponen kelayakan isi, format sajian, dan kebahasaan
sebesar 94,44%, komponen relevansi dan keakuratan sebesar 88,06%, komponen
desain dan kegrafikaan 88,79%, keterbacaan 94,67% . (2) Kepraktisan
pada keterlaksanaan pembelajaran daring tiga pertemuan sebesar 84% dengan
reabilitas 93%, aktivitas siswa 81% dengan reabilitas 90%. (3) Keefektifan perangkat
pada aspek penilaian pretest-posttest kelas IV-B dan IV-C berdasarkan uji
normalitas
menunjukkan data berdistribusi normal, u ji homogenitas menunjukkan data homogen , uji Independent T-test dan uji paired samples test
disimpulkan bahwa hasil pretest-posttest ada peningkatan secara
statistik signifikan. Pada aspek respon guru sebesar 83%, respon siswa sebesar 91,25 % dengan modus kategori positif.
Berdasarkan
hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat IPA dengan model pembelajaran
Science Environment Technology and Society (SETS) valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil keterampilan berpikir
kritis siswa kelas IV SDN Tanah Kalikedinding 1/251
Surabaya.