Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir saintifik peserta didik, dan respon peserta didik terhadap diterapkannya model Guided Inquiry pada materi tekanan zat. Menggunakan jenis penelitian Pre-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Buduran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase 91,86%. Aktivitas peserta didik menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase 88,57% didukung dengan hasil pengerjaan LKPD sebesar 84,43% dengan kriteria yang juga sangat baik. Rata-rata keterampilan berpikir saintifik peserta didik berdasarkan hasil Pretest sebesar 34,26 yang meningkat menjadi 87,41 pada hasil Posttest. Ketercapaian setiap indikator keterampilan berpikir saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengasosiasi berdasarkan hasil Pretest secara berturut-turut adalah 40%; 34,81%; 37,78%; dan 24,44% yang meningkat saat Posttest dengan hasil secara berturut-turut adalah 90,37%; 88,89%; 89,63%; dan 80,74% sehingga diperoleh peningkatan (N-Gain) secara berturut-turut 0,8; 0,8; 0,8 dengan kriteria tinggi dan 0,7 dengan kriteria sedang, sehingga rata-rata peningkatannya sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Penerapan model Guided Inquiry pada materi tekanan zat mendapat respon positif dari peserta didik dengan perolehan rata-rata respon peserta didik sebesar 90,5% dengan kriteria sangat baik yang menunjang tumbuhnya keterampilan berpikir saintifik. Berdasarkan hal tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran Guided Inquiry pada materi tekanan zat dapat menumbuhkan keterampilan berpikir saintifik peserta didik.
Kata Kunci: Guided Inquiry, Eksperimen, Berpikir Saintifik.
The goals of this research are to describe the implementation of learning, students activity, students’ scientific thinking skills, and students’ responses to the implementation of Guided Inquiry model in pressure material. The type used in this research is Pre-experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The subject of the research is 27 students of SMPN 1 Buduran 8th graded students. Based on the research result, the data shows that implementation of learning is in excellent category with 91,86%. Students’ activity is in excellent category with 88,57% that proved by 84,43% LKPD’s result which in excellent category. The average of students’ scientific thinking skills based on Pretest is 34,26 which increase to 87,41 in Posttest. The achievement of every indicators of scientific thinking skills that are observing, questioning, data collecting, and associating based on Pretest is 40%; 34,81%; 37,78%; and 24,44% which improves to 90,37%; 88,89%; 89,63%; and 80,74% in Posttest, so that an increase (N-Gain) to 0,8; 0,8; 0,8 that in high category and 0,7 in medium category, so the average of the increase is 0,8 that in high category. The implementation of Guided Inquiry model in pressure material gets positive responses from students with average result of it is 90,5% in excellent category which support the growth of scientific thinking skills. Based on the data, the implementation of Guided Inquiry model in pressure material can encourage students’ scientific thinking skills.
Keywords: Guided Inquiry, Experimental, Scientific Thinking.