Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi
The Relationship Between Conformity and Consumptive Behavior in Female Students
Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena pengaruh globalisasi yang menyebabkan masuknya informasi-informasi terbaru yang membuat konformitas pada mahasiswi meningkat karena keinginan untuk tidak ketinggalan tren terbaru mengenai lingkungan sosial mereka yang mengakibatkan meningkatnya perilaku konsumtif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi di Universitas X, di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subjek berjumlah 210 orang mahasiswi Psikologi Angkatan 2023 yang menempuh pendidikan di Universitas X. Instrumen penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu skala konformitas dan skala perilaku konsumtif. Analisis hasil penelitian ini menggunakan korelasi Product Momment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.657 (r = 0.657) dan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Berdasarkan data tersebut, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi Universitas X. Semakin tinggi konformitas, maka semakin tinggi perilaku konsumtif pada mahasiswi.
The background of this study is the phenomenon of the influence of globalization which causes the influx of the latest information that makes conformity in female students increase because of the desire not to miss the latest trends about their social environment which results in increasing their consumptive behavior. This study aims to determine the relationship between conformity and consumptive behaviour in female students at X University, in Surabaya City. This study uses quantitative research methods with 210 subjects of female Psychology students in the Class of 2023 who are studying at X University. The research instruments used in this study were the conformity scale and the consumptive behaviour scale. The results of this study using Product Momment correlation with a correlation coefficient value of 0.657 (r = 0.657) and a significance value of 0.000 (p < 0.05). Based on these data, it was found that there is a strong relationship between conformity and consumptive behaviour in X University female students. The higher the conformity, the higher the consumptive behaviour of female students.